NBA” beralih ke halaman ini. Untuk penggunaan lain, lihat NBA (disambiguasi).

(NBA) atau biasa di sebut Asosiasi Bola Basket Nasional adalah liga bola basket profesional di Amerika Utara yang terdiri dari 30 tim (29 di Amerika Serikat dan 1 di Kanada). Ini merupakan salah satu dari beberapa liga olahraga profesional utama di Amerika Serikat dan Kanada, dan dianggap sebagai liga bola basket profesional utama di dunia. Liga sekarang telah berdiri pada kota New York, waktu 6/6/1946, oleh Asosiasi Bola Basker Ameerika Srikat atau  di sebut dengan( BAA).

Nama kemudian diubah menjadi (NBA) Asosiasi Bola Basket Nasional pada tanggal 3 Agustus 1949, setelah bergabung dengan Liga Bola Basket Nasional yang bersaing (NBL). Pada tahun 1976, NBA dan Asosiasi Bola Basket Amerika (ABA) bergabung, menambahkan empat tim baru ke NBA. Dengan dimulainya Oktober dan berakhir pada April, setiap tim di NBA menjalani musim reguler yang terdiri dari 82 pertandingan yang diatur dalam jadwalnya.

Turnamen playoff liga berlangsung hingga Juni. Pada Pada tahun 2020, atlet yang mendapatkan gaji tahunan rerata tertinggi di seluruh dunia tercatat adalah pemain NBA. Tahun 2020 melihat pemain NBA mendominasi sebagai atlet dengan pendapatan rata-rata per tahun paling tinggi secara global. sebagai badan pengatur nasional untuk bola basket di Amerika Serikat.

Beberapa kantor internasional dan kantor tim individu liga berada di kantor pusatnya di Midtown Manhattan, sementara studio NBA Entertainment dan NBA TV berada di kantor yang terletak di Secaucus, New Jersey.

Kelanjutan, di Amerika Utara, NBA merupakan liga olahraga profesional terkaya ketiga. Kemudian setelah itu, National Football League (NFL) lalu, Major League Baseball (MLB) oleh karena itu, berdasarkan pendapatan sehingga, termasuk dalam empat besar di dunia.

Meraih 17 kemenangan dalam kejuaraan NBA, Boston Celtics dan Los Angeles Lakers memimpin daftar tim dengan jumlah gelar juara terbanyak. Juara liga yang sedang bertahan adalah Denver Nuggets, yang mengalahkan Miami Heat dalam NBA Finals 2023.

Sejarah NBA

Pembentukan dan Penggabungan BAA-NBL (1946–1956)

Artikel utama: Asosiasi Bola Basket Amerika

Asosiasi Bola Basket Amerika (BAA) didirikan pada tahun 1946 oleh pemilik arena hoki es utama di Amerika Serikat Bagian Timur Laut dan Barat Tengah serta Kanada.. Pada tanggal 1 November 1946, di Toronto, Ontario, Kanada, Toronto Huskies menjadi tuan rumah bagi New York Knickerbockers di Maple Leaf Gardens, dalam pertandingan yang sekarang disebut oleh NBA sebagai pertandingan pertama dalam sejarah NBA.

Gol pertama dicetak oleh Ossie Schectman dari Knickerbockers. Meskipun telah ada upaya sebelumnya untuk liga bola basket profesional, termasuk American Basketball League (ABL) dan NBL, BAA adalah liga pertama yang mencoba bermain utamanya di arena besar di kota-kota utama. Pada tahun-tahun awal, kualitas permainan di BAA tidak jauh lebih baik dibandingkan dengan liga pesaing atau klub independen besar seperti Harlem Globetrotters.

Misalnya, tim finalis ABL 1948, Baltimore Bullets, pindah ke BAA dan memenangkan gelar BAA 1948, dan juara NBL 1948 Minneapolis Lakers memenangkan gelar BAA 1949. Sebelum musim 1948–49, tim-tim NBL dari Fort Wayne, Indianapolis, Minneapolis, dan Rochester beralih ke BAA, yang menjadikan BAA sebagai pilihan utama bagi mahasiswa yang ingin menjadi pemain profesional.[11]

Pada tanggal 3 Agustus 1949, tim-tim sisa NBL – Syracuse, Anderson, Tri-Cities, Sheboygan, Denver, dan Waterloo – bergabung ke dalam BAA. Menghormati penggabungan ini dan untuk menghindari kemungkinan komplikasi hukum, nama liga diubah menjadi Asosiasi Bola Basket Nasional saat ini, meskipun liga yang digabung tetap mempertahankan badan pengatur BAA, termasuk Maurice Podoloff sebagai presiden.

Hingga saat ini, NBA mengklaim sejarah BAA sebagai sejarahnya sendiri. Sekarang, kedatangan tim-tim NBL dianggap sebagai perluasan, bukan penggabungan, dan tidak mengakui catatan dan statistik NBL. Liga baru ini memiliki tujuh belas tim yang berlokasi di berbagai kota besar dan kecil,[13] serta di arena besar, gimnasium kecil, dan markas militer. Pada tahun 1950, NBA mengonsolidasikan menjadi sebelas tim

Sebuah proses yang berlanjut hingga musim 1954–55, di mana liga mencapai ukuran terkecil dengan delapan tim: New York Knicks, Boston Celtics, Philadelphia Warriors, Minneapolis Lakers, Rochester Royals, Fort Wayne Pistons, Milwaukee Hawks, dan Syracuse Nationals. Semuanya masih berkompetisi dalam liga hingga saat ini, meskipun enam tim terakhir pada akhirnya pindah lokasi.

Proses pemangkasan ini membuat tim-tim dari kota-kota kecil pindah ke kota-kota besar. Hawks telah pindah dari Tri-Cities ke Milwaukee pada tahun 1951, dan kemudian pindah ke St. Louis pada tahun 1955. Rochester Royals pindah dari Rochester, New York, ke Cincinnati sejak pada tahun 1957, dan Pistons pindah dari Fort Wayne, Indiana, ke Detroit pada tahun 1957. Wataru Misaka, seorang keturunan Jepang-Amerika, menjebol batasan warna di NBA pada musim 1947-48 saat ia bermain untuk New York Knicks.

Oleh sebab itu, ia tetap menjadi satu-satunya pemain non-putih dalam sejarah liga sebelum pemain Afrika-Amerika pertama, Harold Hunter, bergabung dengan Washington Capitols pada tahun 1950.[14][15] Hunter dipecat dari tim selama pemusatan latihan.[14][16]

Tetapi beberapa pemain Afrika-Amerika kemudian bermain dalam liga pada tahun tersebut, termasuk Chuck Cooper dengan Celtics, Nathaniel “Sweetwater” Clifton dengan Knicks, dan Earl Lloyd dengan Washington Capitols. Selama periode ini, Minneapolis Lakers, dipimpin oleh pusat George Mikan, memenangkan lima Kejuaraan NBA dan menjadikan diri mereka sebagai dinasti pertama dalam liga.[17]

Untuk mendorong penembakan dan menghindari taktik pemperlambatan permainan, liga memperkenalkan aturan 24-detik pada tahun 1954.[18] Jika sebuah tim tidak mencoba melakukan tembakan lapangan (atau bola tidak bersentuhan dengan ring) dalam 24 detik setelah mendapatkan bola, permainan dihentikan dan bola diberikan kepada lawannya.

Dominasi Celtics, Perluasan Liga, dan Persaingan (1956–1979)

Pada tahun 1957, pemain muda Bill Russell bergabung dengan Boston Celtics, yang telah memiliki pemain pengawal Bob Cousy dan pelatih Red Auerbach, dan berhasil membawa tim meraih sebelas gelar juara NBA dalam tiga belas musim. Pusat Wilt Chamberlain masuk ke dalam liga bersama Warriors pada tahun 1959 dan menjadi bintang dominan individu pada tahun 1960-an, memecahkan rekor skor dalam satu pertandingan (100) dan papan rebound (55). Persaingan Russell dengan Chamberlain menjadi salah satu persaingan terbesar dalam sejarah olahraga tim Amerika.

Dekade 1960-an dikuasai oleh Celtics. Dipimpin oleh Russell, Cousy, dan Auerbach, Boston memenangkan delapan gelar juara berturut-turut di NBA dari tahun 1959 hingga 1966. Streak gelar juara ini merupakan yang terpanjang dalam sejarah NBA. Mereka tidak berhasil meraih gelar pada musim 1966–67, tetapi mendapatkannya kembali pada musim 1967–68 dan mengulanginya pada tahun 1969.

Dominasi ini menghasilkan sembilan dari sepuluh spanduk juara dalam dekade 1960-an. Selama periode ini, NBA terus berkembang dengan perpindahan Minneapolis Lakers ke Los Angeles, Philadelphia Warriors ke San Francisco, Syracuse Nationals ke Philadelphia untuk menjadi Philadelphia 76ers, dan St. Louis Hawks pindah ke Atlanta, serta penambahan tim-tim ekspansi pertamanya.

Chicago Packers (sekarang Washington Wizards) menjadi tim NBA kesembilan pada tahun 1961. Dari tahun 1966 hingga 1968, liga berkembang dari 9 menjadi 14 tim, dengan memperkenalkan Chicago Bulls, Seattle SuperSonics (sekarang Oklahoma City Thunder), San Diego Rockets (yang pindah ke Houston empat tahun kemudian), Milwaukee Bucks, dan Phoenix Suns.

Pada tahun 1967, liga menghadapi ancaman eksternal baru dengan terbentuknya American Basketball Association (ABA). Liga-liga ini terlibat dalam perang penawaran. NBA berhasil mendapatkan bintang perguruan tinggi paling penting pada era itu, Kareem Abdul-Jabbar (saat itu dikenal sebagai Lew Alcindor). Namun, pencetak skor terbanyak NBA, Rick Barry, pindah ke ABA, begitu juga dengan empat wasit veteran—Norm Drucker, Earl Strom, John Vanak, dan Joe Gushue.

Pada tahun 1969, Alan Siegel, yang mengawasi desain logo Major League Baseball yang dibuat oleh Jerry Dior setahun sebelumnya, menciptakan logo NBA modern yang terinspirasi oleh logo MLB. Logo ini menggabungkan siluet Jerry West, berdasarkan foto oleh Wen Roberts. NBA tidak akan mengonfirmasi pemain tertentu yang digunakan karena, menurut Siegel, “Mereka ingin menginstitusionalisasikannya daripada memindividualisasikannya.

Logo ini telah menjadi simbol yang begitu umum dan klasik serta pusat identitas dan program lisensi mereka sehingga mereka tidak ingin mengaitkannya dengan satu pemain.” Logo ikonik ini memperkenalkan pada tahun 1971 (dengan sedikit perubahan pada tipe huruf pada kata “NBA” pada tahun 2017) dan tetap menjadi bagian dari merek NBA.[21] ABA berhasil mengontrak beberapa bintang besar pada tahun 1970-an, termasuk Julius Erving dari Virginia Squires, sebagian karena liga ini memperbolehkan tim untuk mengontrak mahasiswa yang belum lulus.

NBA mengalami ekspansi yang pesat selama periode ini. Dari tahun 1966 hingga 1974, jumlah tim di NBA berkembang dari sembilan menjadi 18. Pada tahun 1970, Portland Trail Blazers, Cleveland Cavaliers, dan Buffalo Braves (sekarang Los Angeles Clippers) semua melakukan debut mereka, memperluas liga menjadi 17 tim.[22] New Orleans Jazz (sekarang di Utah) bergabung pada tahun 1974, sehingga total menjadi 18 tim.

Setelah musim 1976, kedua liga mencapai kesepakatan yang memungkinkan empat tim ABA bergabung dengan NBA, sehingga jumlah tim di liga saat itu menjadi 22. Tim-tim yang ditambahkan adalah San Antonio Spurs, Denver Nuggets, Indiana Pacers, dan New York Nets (sekarang Brooklyn Nets). Beberapa bintang terbesar era ini adalah Abdul-Jabbar, Barry, Dave Cowens, Erving, Elvin Hayes, Walt Frazier, Moses Malone, Artis Gilmore, George Gervin, Dan Issel, dan Pete Maravich.

Namun, akhir dekade ini ditandai dengan penurunan peringkat TV, kunjungan rendah, dan masalah pemain terkait obat – baik yang dilihat maupun yang nyata – yang mengancam untuk mengganggu liga.

Meningkatnya Popularitas (1979–1998)

Liga menambahkan tembakan tiga angka (three-point field goal) dari ABA mulai tahun 1979.[23] Pada tahun yang sama, pemain baru Larry Bird dan Magic Johnson bergabung dengan Boston Celtics dan Los Angeles Lakers masing-masing, yang memulai periode pertumbuhan minat penggemar yang signifikan terhadap NBA.[24] Kedua pemain ini telah bertemu dalam pertandingan final Kejuaraan Bola Basket Divisi I NCAA tahun 1979.

Mereka kemudian bermain melawan satu sama lain dalam tiga NBA Finals (1984, 1985, dan 1987).[24] Dalam 10 musim pada tahun 1980-an, Johnson membawa Lakers meraih lima gelar[25] sementara Bird membawa Celtics meraih tiga gelar.[26] Juga pada awal 1980-an, NBA menambah satu tim ekspansi lagi, yaitu Dallas Mavericks,[27] sehingga totalnya menjadi 23 tim.

Di pertengahan tahun 1980-an, Larry Bird memenangkan tiga kontes tembakan tiga angka pertama.[28] Pada tanggal 1 Februari 1984, David Stern menjadi komisioner NBA.[29] Stern diakui berperan besar dalam pertumbuhan liga selama karirnya. Michael Jordan masuk ke dalam liga pada tahun 1984 bersama tim Chicago Bulls, yang memicu minat lebih besar terhadap liga.

[32] Pada tahun 1988 dan 1989, empat kota melihat harapan mereka terwujud dengan kehadiran Charlotte Hornets, Miami Heat, Orlando Magic, dan Minnesota Timberwolves dalam liga NBA, sehingga jumlah total tim menjadi 27.[33] Detroit Pistons meraih dua gelar juara NBA berturut-turut pada tahun 1989 dan 1990, dipimpin oleh pelatih Chuck Daly dan pengawal Isiah Thomas.

[34] Jordan dan Scottie Pippen memimpin Bulls meraih enam gelar juara dalam delapan tahun selama musim-musim 1991–1998.[35][36] Hakeem Olajuwon meraih dua gelar juara berturut-turut bersama Houston Rockets pada tahun 1994 dan 1995.

Tim bola basket Olimpiade Dream Team 1992, yang pertama kali menggunakan bintang-bintang NBA saat ini, menampilkan Michael Jordan sebagai pemain inti, bersama dengan Bird, Johnson, David Robinson, Patrick Ewing, Scottie Pippen, Clyde Drexler, Karl Malone, John Stockton, Chris Mullin, Charles Barkley, dan bintang perguruan tinggi Christian Laettner.

[38] Tim ini terpilih masuk ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame, sementara 11 dari 12 pemain (bersama dengan tiga dari empat pelatih) telah diinduksi sebagai individu dalam hak mereka masing-masing.

[39] Pada tahun 1995, NBA mengalami ekspansi ke Kanada dengan penambahan tim Vancouver Grizzlies dan Toronto Raptors.[40][41] Pada tahun 1996, NBA mendirikan liga wanita, Women’s National Basketball Association (WNBA).

Dinasti Lakers dan Spurs (1998–2014)

Pada tahun 1998, para pemilik NBA memulai mogok kerja yang menghentikan semua bisnis liga hingga kesepakatan kerja baru dapat dicapai, yang mengakibatkan musim berkurang setengahnya.[43][44] San Antonio Spurs memenangkan kejuaraan pada akhir musim 1998–99, menjadi tim mantan ABA pertama yang memenangkan kejuaraan NBA. Setelah bubar dari tim juara Chicago Bulls pada musim panas tahun 1998, Konferensi Barat mendominasi sebagian besar dua dekade berikutnya.

Los Angeles Lakers, yang dilatih oleh Phil Jackson, dan San Antonio Spurs, yang dilatih oleh Gregg Popovich, berhasil mencapai 13 Final dalam 16 musim, dengan meraih 10 gelar juara. Tim Duncan dan David Robinson meraih gelar juara tahun 1999 bersama Spurs, dan Shaquille O’Neal dan Kobe Bryant memulai tahun 2000-an dengan tiga gelar juara berturut-turut bersama Lakers.

Spurs merebut kembali gelar pada tahun 2003 melawan Nets. Pada tahun 2004, Lakers kembali ke Final, namun hanya berhasil meraih kemenangan dalam lima pertandingan dari Detroit Pistons. Citramuka liga tercoreng oleh insiden kekerasan antara pemain dan penggemar dalam pertandingan November 2004 antara Indiana Pacers dan Detroit Pistons. Sebagai tanggapan, para pemain dihukum dengan total 146 pertandingan terhenti dan total kerugian gaji sebesar 11 juta dolar, serta liga meningkatkan keamanan dan membatasi penjualan alkohol.

Pada tanggal 19 Mei 2005, Komisioner Stern memberikan kesaksian di depan Komite Reformasi Pemerintah DPR Amerika Serikat tentang tindakan-tindakan NBA dalam melawan penggunaan steroid dan obat-obatan peningkat performa lainnya. NBA memulai program pengujian obat pada tahun 1983 dan secara signifikan memperbaikinya pada tahun 1999. Pada musim 1999–2000.

Semua pemain diuji secara acak selama kamp pelatihan, dan semua pemain pendatang baru diuji tiga kali lebih lanjut selama musim reguler. Dari hampir 4.200 pengujian untuk steroid dan obat-obatan peningkat performa yang dilakukan selama enam musim, hanya tiga pemain yang terkonfirmasi positif dalam program obat NBA, semuanya langsung dihentikan, dan pada saat kesaksian tersebut, tidak ada yang bermain di NBA.

Setelah Spurs kembali meraih kejuaraan pada tahun 2005, Final 2006 menampilkan dua tim yang pertama kali tampil di Final. Miami Heat, dipimpin oleh penjaga tembak bintang mereka, Dwyane Wade, dan Shaquille O’Neal, yang telah ditukar dari Lakers pada musim panas 2004, memenangkan seri melawan Dallas Mavericks. Dominasi Lakers/Spurs berlanjut pada tahun 2007 dengan Spurs mengalahkan Cleveland Cavaliers yang dipimpin oleh LeBron James dalam empat pertandingan.

Final 2008 menyaksikan pertandingan ulang antara rivalitas paling mencolok di liga, Boston Celtics dan Los Angeles Lakers, dengan Celtics memenangkan gelar ke-17 mereka. Lakers meraih dua gelar juara berturut-turut pada tahun 2009 dan 2010, mengalahkan Orlando Magic dan Celtics.[47][48] Pertandingan All-Star NBA 2010 diadakan di Cowboys Stadium di depan kerumunan terbesar yang pernah ada, 108.713 orang.

Mogok kerja wasit dimulai pada tanggal 1 September 2009, ketika kontrak antara NBA dan wasitnya berakhir. Pertandingan pramusim pertama dimainkan pada tanggal 1 Oktober 2009, dan wasit pengganti dari WNBA dan NBA Development League digunakan, ini adalah kali pertama wasit pengganti digunakan sejak awal musim 1995–96. NBA dan wasit reguler mencapai kesepakatan pada tanggal 23 Oktober 2009.

Pada awal musim 2010–11, pemain bebas LeBron James dan Chris Bosh bergabung dengan Miami Heat, bersama Dwyane Wade membentuk “Tiga Besar”. Heat mendominasi liga, mencapai Final selama empat tahun berturut-turut. Pada tahun 2011, mereka menghadapi pertandingan ulang dengan Dallas Mavericks tetapi kalah dari tim yang dipimpin oleh Dirk Nowitzki. Mereka meraih gelar juara berturut-turut pada tahun 2012 dan 2013 melawan Oklahoma City Thunder dan Spurs, dan kalah dalam pertandingan ulang dengan Spurs di Final 2014.

Musim 2011–12 dimulai dengan mogok kerja lagi, yang keempat dalam sejarah liga.[52] Setelah beberapa minggu awal musim dibatalkan, para pemain dan pemilik tim menyetujui perjanjian kerja kolektif baru pada tanggal 8 Desember 2011, yang menghasilkan musim 66 pertandingan yang lebih pendek.[53] Pada tanggal 1 Februari 2014, komisioner David Stern pensiun setelah 30 tahun menjabat, dan digantikan oleh wakilnya, Adam Silver.

Tahun-tahun Terkini (2014–sekarang)

Setelah empat musim bersama Miami Heat, LeBron James kembali ke Cleveland Cavaliers untuk musim 2014–15. Ia memimpin tim ke penampilan Final kedua mereka dengan bantuan Kyrie Irving dan Kevin Love. Golden State Warriors mengalahkan Cavaliers dalam enam pertandingan, dipimpin oleh “Splash Brothers” Stephen Curry dan Klay Thompson. Cavaliers dan Warriors saling berhadapan dalam Final sebanyak empat kali berturut-turut. Pada musim 2015–16, Warriors menyelesaikan musim dengan rekor 73–9, rekor musim terbaik dalam sejarah NBA.

Namun, Cavaliers berhasil mengatasi ketertinggalan 3–1 dalam Final untuk meraih gelar juara pertama mereka pada musim tersebut.[55] Pada musim 2016–17, Warriors mendapatkan manfaat dari perekrutan pemain bebas Kevin Durant. Warriors memenangkan Final 2017 dan 2018 melawan Cavaliers.

Setelah kepergian James dalam agen bebas pada tahun 2018, rentetan penampilan playoff dan Final Cavaliers berakhir. Warriors kembali untuk penampilan Final kelima berturut-turut pada tahun 2019 namun kalah dari Toronto Raptors, yang meraih gelar juara pertama mereka setelah mendapatkan Kawhi Leonard dalam pertukaran pemain.

Musim 2019–20 dihentikan tanpa batas pada tanggal 11 Maret 2020, karena pandemi COVID-19, setelah pusat Utah Jazz, Rudy Gobert, dinyatakan positif terinfeksi virus corona.[57][58] Pada tanggal 4 Juni 2020, Dewan Gubernur NBA memutuskan untuk melanjutkan musim dalam format 22 tim dengan 8 pertandingan penentuan per tim dan format playoff reguler, dengan semua pertandingan dimainkan dalam “gelembung” di Walt Disney World tanpa ada penonton.

Era ini juga menyaksikan penurunan terus-menerus hampir setiap tahun dalam jumlah penonton NBA. Antara tahun 2012 dan 2019, liga kehilangan 40 hingga 45 persen dari jumlah penontonnya. Meskipun beberapa bagian bisa diatribusikan pada “memotong kabel”, liga olahraga profesional lain, seperti NFL dan MLB, telah mempertahankan demografi penonton yang stabil. Pertandingan pembukaan Final 2020 antara Los Angeles Lakers dan Miami Heat hanya mendatangkan 7,41 juta penonton di ABC, menurut The Hollywood Reporter.

Dikabarkan sebagai jumlah penonton terendah yang terlihat dalam Final setidaknya sejak tahun 1994, ketika jumlah penonton total mulai dicatat secara teratur, dan merupakan penurunan 45 persen dari pertandingan pertama antara Golden State Warriors dan Toronto Raptors, yang memiliki 13,51 juta penonton setahun sebelumnya.

Beberapa menghubungkan penurunan ini dengan sikap politik yang mengambil oleh liga dan para pemainnya, sementara yang lain menganggap manajemen beban, distribusi bakat yang tidak merata antara konferensi, dan pemotongan tayangan oleh penonton muda sebagai alasan utama penurunan tersebut.

Pengaruh Internasional

Informasi lebih lanjut: Daftar pemain NBA asing

Mengikuti para perintis seperti Vlade Divac (Serbia) dan Dražen Petrović (Kroasia) yang bergabung dengan NBA pada akhir tahun 1980-an, semakin banyak pemain internasional yang langsung beralih dari bermain di tempat lain di dunia untuk menjadi bintang di NBA. Sejak tahun 2006, NBA telah menghadapi tim-tim EuroLeague dalam pertandingan pameran dalam tur NBA Europe Live, dan sejak tahun 2009, dalam tur EuroLeague Amerika.

Musim 2013–14 dibuka dengan rekor 92 pemain internasional dalam daftar pemain pada malam pembukaan, mewakili 39 negara dan mencakup lebih dari 20 persen dari liga.[67] NBA mendefinisikan pemain “internasional” sebagai mereka yang lahir di luar 50 negara bagian Amerika Serikat dan Washington, D.C. Ini berarti bahwa:

– Pemain yang lahir di wilayah-wilayah Amerika Serikat seperti Puerto Rico dan Kepulauan Virgin Amerika Serikat, terutama Tim Duncan asli USVI, dihitung sebagai “internasional” meskipun mereka adalah warga negara Amerika Serikat sejak lahir, dan bahkan mungkin telah mewakili Amerika Serikat dalam kompetisi internasional (seperti Duncan).

– Pemain yang lahir di Amerika Serikat tidak dihitung sebagai “internasional” meskipun mereka lahir dengan kewarganegaraan di negara lain dan mewakili negara tersebut secara internasional, seperti Joakim Noah dan Kosta Koufos.

Awal musim 2017–18 melihat rekor 108 pemain internasional yang mewakili 42 negara, menandai 4 tahun berturut-turut dengan setidaknya 100 pemain internasional dan setiap tim memiliki setidaknya satu pemain internasional.[68] Pada tahun 2018, Phoenix Suns mempekerjakan pelatih asal Serbia Igor Kokoškov sebagai pelatih kepala baru mereka, menggantikan pelatih sementara asal Kanada Jay Triano, membuat Kokoškov menjadi pelatih Eropa pertama yang menjadi pelatih kepala tim di NBA.

Pengembangan Lainnya

Pada tahun 2001, sebuah liga minor terafiliasi, National Basketball Development League, yang sekarang disebut NBA G League, dibentuk.

Dua tahun setelah pindahnya Hornets ke New Orleans, NBA kembali ke North Carolina, karena Charlotte Bobcats terbentuk sebagai tim ekspansi pada tahun 2004.

Hornets sementara pindah ke Oklahoma City pada tahun 2005 selama dua musim karena kerusakan yang disebabkan oleh Badai Katrina. Tim tersebut kembali ke New Orleans pada tahun 2007.

Sebuah bola permainan resmi baru diperkenalkan pada 28 Juni 2006, untuk musim 2006–07, menandai perubahan pertama pada bola dalam lebih dari 35 tahun dan hanya bola kedua dalam 60 musim. Diproduksi oleh Spalding, bola baru ini menampilkan desain baru dan bahan sintetis baru yang diklaim oleh Spalding memberikan cengkaman, rasa, dan konsistensi yang lebih baik daripada bola asli. Namun, banyak pemain secara vokal mengkritik bola baru ini, mengatakan bahwa bola terlalu lengket saat kering, dan terlalu licin saat basah.

Komisaris Stern mengumumkan pada 11 Desember 2006, bahwa mulai 1 Januari 2007, NBA akan kembali menggunakan bola basket kulit tradisional yang digunakan sebelum musim 2006–07. Perubahan ini dipengaruhi oleh keluhan sering pemain dan cedera tangan terkonfirmasi (sayatan) yang disebabkan oleh bola mikrofiber. Asosiasi Pemain telah mengajukan gugatan atas nama para pemain terhadap NBA terkait bola baru tersebut.

Pada musim 2017–18, seragam tim NBA diproduksi oleh Nike, menggantikan pemasok sebelumnya, Adidas. Semua tim akan memakai jersey dengan logo Nike kecuali Charlotte Hornets, yang jersey-nya akan memiliki logo Jumpman yang terkait dengan pendukung lama Nike, Michael Jordan, yang juga pemilik Hornets.

Dewan Gubernur NBA menyetujui permintaan Seattle SuperSonics untuk pindah ke Oklahoma City pada 18 April 2008.[78] Namun, tim tidak dapat pindah sampai menyelesaikan gugatan yang diajukan oleh kota Seattle, yang dimaksudkan untuk mempertahankan SuperSonics di Seattle selama dua musim tersisa dari kontrak sewa tim di KeyArena. Setelah melalui persidangan, kota Seattle menyelesaikan permasalahan dengan kelompok pemilik SuperSonics pada 2 Juli 2008,.

Yang mengizinkan tim untuk pindah ke Oklahoma City secara langsung dengan imbalan mengakhiri dua musim terakhir kontrak sewa tim di KeyArena.[79] Oklahoma City Thunder mulai bermain pada musim 2008–09. Pertandingan luar ruangan pertama dalam era modern liga dimainkan di Indian Wells Tennis Garden pada 11 Oktober 2008, antara Phoenix Suns dan Denver Nuggets.[80]

Pertandingan resmi pertama NBA di tanah Eropa berlangsung pada tahun 2011. Dalam dua pertandingan, New Jersey Nets menghadapi Toronto Raptors di O2 Arena di London di hadapan lebih dari 20.000 penggemar.

Setelah musim 2012–13, New Orleans Hornets diubah namanya menjadi Pelicans.[81] Selama musim 2013–14, Stern pensiun sebagai komisioner setelah 30 tahun, dan wakil komisioner Adam Silver naik ke posisi komisioner. Selama babak playoff musim itu, Bobcats secara resmi mengambil kembali nama Hornets, dan dengan kesepakatan bersama liga dan Pelicans, juga menerima kepemilikan tunggal atas sejarah, catatan, dan statistik dari masa Pelicans di Charlotte. Akibatnya.

Hornets sekarang dianggap resmi didirikan pada tahun 1988, berhenti beroperasi pada tahun 2002, dan dilanjutkan pada tahun 2004 sebagai Bobcats, sementara Pelicans dianggap secara resmi sebagai tim ekspansi 2002.[82] (Ini agak mirip dengan hubungan antara Cleveland Browns dan Baltimore Ravens di NFL.)

Donald Sterling, yang saat itu pemilik Los Angeles Clippers, mendapat larangan seumur hidup dari NBA pada 29 April 2014, setelah komentar rasis yang dibuatnya menjadi publik. Sterling juga dikenai denda sebesar US$2,5 juta, jumlah maksimum yang diizinkan dalam Konstitusi NBA.[83]

Becky Hammon dipekerjakan oleh San Antonio Spurs pada 5 Agustus 2014 sebagai pelatih asisten, menjadi pelatih wanita kedua dalam sejarah NBA tetapi pelatih penuh waktu pertama.[84][85] Ini juga menjadikannya pelatih wanita penuh waktu pertama dalam salah satu dari empat olahraga profesional utama di Amerika Utara.[85]

NBA mengumumkan pada 15 April 2016, bahwa semua 30 timnya akan diizinkan menjual patch iklan sponsor perusahaan pada seragam resmi pertandingan, mulai dari musim 2017–18. Patch iklan sponsor tersebut akan muncul di bagian depan kiri jersey, berlawanan dengan logo Nike, menandai kali pertama logo produsen muncul di jersey NBA, dan akan memiliki ukuran sekitar 2,5 x 2,5 inci.

NBA menjadi liga olahraga profesional besar Amerika Utara pertama yang mengizinkan logo iklan sponsor perusahaan pada seragam resmi tim, dan yang terakhir memiliki logo produsen seragam muncul di seragam timnya.[86] Tim pertama yang mengumumkan sponsor jersey adalah Philadelphia 76ers, yang sepakat dengan StubHub.[87]

Pada 6 Juli 2017, NBA mengungkapkan versi logo yang diperbarui; rancangan ini sebagian besar identik dengan desain sebelumnya, namun dengan tipografi yang direvisi dan skema warna yang “lebih kaya”. Liga mulai mengimplementasikan logo yang diperbarui ini dalam berbagai properti selama NBA Summer League 2017.[88]

NBA juga secara resmi merilis seragam baru Nike untuk semua 30 tim mulai dari musim 2017–18. Liga menghapus penggunaan istilah “tuan rumah” dan “tandang” pada desain seragam. Sebagai gantinya.

Setiap tim akan memiliki empat atau enam seragam: edisi “Association”, yang merupakan seragam putih tim, edisi “Icon”, yang merupakan seragam warna tim, serta seragam “Statement” dan “City”, yang kebanyakan tim gunakan sebagai seragam cadangan. Pada tahun 2018, NBA juga merilis seragam “Earned”.

Tim-tim

Lihat juga: Daftar tim National Basketball Association yang sudah tidak beroperasi, Daftar tim National Basketball Association yang dipindahkan

Tim lainnya termasuk: Daftar tim National Basketball Association yang tidak beroperasi lagi, Daftar tim National Basketball Association yang memindahkan, Garis waktu National Basketball Association, dan Perluasan National Basketball Association.

NBA bermula pada tahun 1946 dengan 11 tim, dan melalui serangkaian perluasan, pengurangan, dan pemindahan tim, saat ini terdiri dari 30 tim. Amerika Serikat menjadi tuan rumah bagi 29 tim; satu lagi berada di Kanada.

Organisasi liga saat ini membagi 30 tim menjadi dua konferensi dengan tiga divisi yang masing-masing memiliki lima tim. Penyusunan divisi saat ini diperkenalkan pada musim 2004–05. Menggambarkan distribusi populasi Amerika Serikat dan Kanada secara keseluruhan, sebagian besar tim berada di separuh timur negara: 13 tim berada di Zona Waktu Timur, sembilan tim di Zona Waktu Tengah, tiga tim di Zona Waktu Pegunungan, dan lima tim di Zona Waktu Pasifik.

Devisi Tim Lokasi Arena Kapasitas Koordinasi Founded Joined
Eastern Conference
Samudra Atlantik Boston Celtics Boston, Massachusetts TD Garden 19,156 42.366303°N 71.062228°W 1946
Brooklyn Nets New York City, New York Barclays Center 17,732 40.68265°N 73.974689°W 1967* 1976
New York Knicks Madison Square Garden 19,812 40.750556°N 73.993611°W 1946
Philadelphia 76ers Philadelphia, Pennsylvania Wells Fargo Center 20,478 39.901111°N 75.171944°W 1946* 1949
Toronto Raptors Toronto, Ontario Scotiabank Arena 19,800 43.643333°N 79.379167°W 1995
Central Chicago Bulls Chicago, Illinois United Center 20,917 41.880556°N 87.674167°W 1966
Cleveland Cavaliers Cleveland, Ohio Rocket Mortgage FieldHouse 19,432 41.496389°N 81.688056°W 1970
Detroit Pistons Detroit, Michigan Little Caesars Arena 20,332 42.341111°N 83.055°W 1941* 1948
Indiana Pacers Indianapolis, Indiana Gainbridge Fieldhouse 17,923 39.763889°N 86.155556°W 1967 1976
Milwaukee Bucks Milwaukee, Wisconsin Fiserv Forum 17,341 43.043611°N 87.916944°W 1968
Southeast Atlanta Hawks Atlanta, Georgia State Farm Arena 16,600 33.757222°N 84.396389°W 1946* 1949
Charlotte Hornets Charlotte, North Carolina Spectrum Center 19,077 35.225°N 80.839167°W 1988*
Miami Heat Miami, Florida Kaseya Center 19,600 25.781389°N 80.188056°W 1988
Orlando Magic Orlando, Florida Amway Center 18,846 28.539167°N 81.383611°W 1989
Washington Wizards Washington, D.C. Capital One Arena 20,356 38.898056°N 77.020833°W 1961*
Western Conference
Northwest Denver Nuggets Denver, Colorado Ball Arena 19,520 39.748611°N 105.0075°W 1967 1976
Minnesota Timberwolves Minneapolis, Minnesota Target Center 18,798 44.979444°N 93.276111°W 1989
Oklahoma City Thunder Oklahoma City, Oklahoma Paycom Center 18,203 35.463333°N 97.515°W 1967*
Portland Trail Blazers Portland, Oregon Moda Center 19,393 45.531667°N 122.666667°W 1970
Utah Jazz Salt Lake City, Utah Delta Center 18,306 40.768333°N 111.901111°W 1974*
Pasifik Golden State Warriors San Francisco, California Chase Center 18,064 37.768056°N 122.3875°W 1946*
Los Angeles Clippers Los Angeles, California Crypto.com Arena 19,079 34.043056°N 118.267222°W 1970*
Los Angeles Lakers 34.043056°N 118.267222°W 1947* 1948
Phoenix Suns Phoenix, Arizona Footprint Center 16,645 33.445833°N 112.071389°W 1968
Sacramento Kings Sacramento, California Golden 1 Center 17,608 38.649167°N 121.518056°W 1923* 1948
Southwest Dallas Mavericks Dallas, Texas American Airlines Center 19,200 32.790556°N 96.810278°W 1980
Houston Rockets Houston, Texas Toyota Center 18,055 29.750833°N 95.362222°W 1967*
Memphis Grizzlies Memphis, Tennessee FedExForum 18,119 35.138333°N 90.050556°W 1995*
New Orleans Pelicans New Orleans, Louisiana Smoothie King Center 16,867 29.948889°N 90.081944°W 2002*
San Antonio Spurs San Antonio, Texas Frost Bank Center 18,418 29.426944°N 98.4375°W 1967* 1976

Notes

  • Tanda asterisk (*) menunjukkan perpindahan waralaba. Lihat artikel tim terkait untuk informasi lebih lanjut.
  • Fort Wayne Pistons, Minneapolis Lakers, dan Rochester Royals semuanya bergabung dengan NBA (BAA) pada tahun 1948 dari NBL.
  • Syracuse Nationals dan Tri-Cities Blackhawks bergabung dengan NBA pada tahun 1949 sebagai bagian dari penggabungan BAA-NBL.
  • Indiana Pacers, New York Nets, San Antonio Spurs, dan Denver Nuggets semua bergabung dengan NBA pada tahun 1976 sebagai bagian dari penggabungan ABA-NBA.
  • Charlotte Hornets dianggap sebagai kelanjutan dari waralaba Charlotte asli, yang menghentikan operasi pada tahun 2002 dan kembali bergabung dengan liga pada tahun 2004. Mereka dikenal sebagai Bobcats dari tahun 2004 hingga 2014. New Orleans Pelicans dianggap sebagai tim ekspansi yang berdiri pada tahun 2002, awalnya dikenal sebagai New Orleans Hornets hingga tahun 2013.

Musim Gugur

Bagian ini memerlukan kutipan tambahan untuk verifikasi. Tolong bantu perbaiki artikel ini dengan menambahkan kutipan dari sumber yang dapat percayai di bagian ini. Oleh karena itu, jika materi tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus. Cari sumber: “National Basketball Association” – berita · surat kabar · buku · sarjana · JSTOR (Agustus 2020) (Pelajari cara dan kapan menghapus pesan templat ini)

Setelah jeda musim panas, tim-tim memulai kamp pelatihan pada akhir September. Kamp pelatihan memungkinkan staf pelatih untuk mengevaluasi pemain (terutama pemula), menyusun kekuatan dan kelemahan tim, mempersiapkan pemain untuk musim reguler yang keras, dan menentukan skuad aktif 12 orang (dan daftar tidak aktif 3 orang) dengan mana mereka akan memulai musim reguler. Tim memiliki kemampuan untuk mengirimkan pemain dengan pengalaman kurang dari dua tahun ke NBA G League.

Setelah kamp pelatihan, serangkaian pertandingan pemanasan pra-musim diadakan. Pertandingan pra-musim kadang-kadang diadakan pada kota-kota non-NBA, baik pada negara Amerika Serikat maupun luar negeri. Musim reguler NBA dimulai pada minggu terakhir Oktober.

Selama musim reguler, setiap tim memainkan 82 pertandingan, 41 di kandang dan 41 di tandang. Sebuah tim berhadapan dengan lawan-lawannya dalam divisi yang sama empat kali dalam setahun (16 pertandingan). Setiap tim memainkan enam tim dari dua divisi lain dalam konferensinya empat kali (24 pertandingan), dan empat tim lainnya tiga kali (12 pertandingan). Akhirnya, setiap tim bermain melawan semua tim dalam konferensi lain dua kali masing-masing (30 pertandingan).

Struktur asimetris ini berarti kekuatan jadwal akan bervariasi antara tim (tetapi tidak se signifikan NFL atau MLB). Selama lima musim, setiap tim akan telah memainkan 80 pertandingan melawan divisi mereka (20 pertandingan melawan masing-masing lawan, 10 di kandang, 10 di tandang).

180 pertandingan melawan tim-tim di konferensi mereka yang lain (18 pertandingan melawan masing-masing lawan, 9 di kandang, 9 di tandang), dan 150 pertandingan melawan konferensi lain (10 pertandingan melawan setiap tim, 5 di kandang, 5 di tandang). Mulai musim 2023–24, musim reguler akan mencakup turnamen dalam musim, di mana semua pertandingan dalam turnamen tersebut (kecuali final) akan dihitung sebagai bagian dari musim reguler.[91]

NBA juga merupakan satu-satunya liga yang secara rutin menjadwalkan pertandingan pada Hari Natal.[92] Liga ini telah memainkan pertandingan secara teratur pada hari libur sejak 1947,[93] meskipun pertandingan pertama pada Hari Natal tidak ditayangkan televisi sampai tahun 1983–84.[94] Pertandingan yang dimainkan pada hari ini telah menampilkan beberapa tim dan pemain terbaik.[92][93][94]

Hari Natal juga mencolok untuk NBA di televisi, karena hari libur ini adalah saat pertandingan NBA pertama kali ditayangkan di televisi jaringan setiap musim.[93][94] Pertandingan yang dimainkan pada hari ini telah menjadi beberapa pertandingan dengan rating tertinggi selama musim tertentu.

Pada bulan Februari, musim reguler berhenti untuk merayakan acara tahunan NBA All-Star Game. Para penggemar memberikan suara di seluruh Amerika Serikat, Kanada, dan melalui Internet, dan pemain dengan jumlah suara terbanyak di setiap konferensi diangkat menjadi kapten.

Suara dari para penggemar menentukan pemain-pemain lain yang akan menjadi starter All-Star. Pelatih-pelatih memilih untuk menentukan 14 pemain All-Star lainnya. Kemudian, pemain dengan suara terbanyak di setiap konferensi memilih pemain-pemain untuk tim mereka dari kelompok pemain All-Star.

Pemain dengan suara terbanyak di liga mendapatkan pilihan pertama dan seterusnya. Pemain yang tampil paling baik dalam pertandingan ini dihargai dengan penghargaan Game MVP. Acara lain yang menjadi daya tarik selama istirahat All-Star termasuk Rising Stars Challenge (awalnya Rookie Challenge). Di mana para pemain pemula terbaik dan pemain berpengalaman kedua di NBA bermain dalam pertandingan bola basket 5 lawan 5.

Dengan format saat ini mempertemukan pemain-pemain AS melawan pemain dari seluruh dunia; Skills Challenge, di mana para pemain bersaing menyelesaikan lintasan rintangan yang terdiri dari tembakan, umpan, dan dribbling dalam waktu tercepat; Three Point Contest, di mana para pemain bersaing mencetak jumlah tertinggi tembakan tiga poin dalam waktu tertentu; dan NBA Slam Dunk Contest.

Ketika para pemain bersaing melakukan slam dunk bola dengan cara yang paling menghibur menurut para juri. Acara-acara lain ini memiliki berbagai nama yang mencakup nama-nama sponsor yang telah membayar untuk hak penamaan.

Tidak lama setelah istirahat All-Star adalah batas waktu pertukaran pemain, yang ditetapkan jatuh pada hari Kamis ke-16 dari musim (biasanya bulan Februari) pada pukul 3 sore Eastern Time.[95] Setelah tanggal ini, tim-tim tidak diizinkan menukar pemain antara satu sama lain selama sisa musim, meskipun mereka masih boleh mendaftar dan melepaskan pemain.

Pertukaran besar sering diselesaikan tepat sebelum batas waktu pertukaran, sehingga membuat hari itu menjadi waktu yang sibuk bagi manajer umum. Sekitar pertengahan bulan April, musim reguler berakhir.

Pada saat ini, pemungutan suara dimulai untuk penghargaan individual, serta pemilihan tim kehormatan, tim musim panas, yang meliputi All-NBA Team, All-Defensive Team, dan All-Rookie Team; masing-masing terdiri dari lima pemain. Ada tiga tim All-NBA, yang terdiri dari pemain-pemain terbaik pada setiap posisi, dengan status tim pertama menjadi yang paling diinginkan.

Terdapat dua tim All-Defensive, yang terdiri dari pemain-pemain pembela terbaik di setiap posisi. Terdapat juga dua tim All-Rookie, yang terdiri dari pemain-pemain berpengalaman pertama terbaik tanpa memandang posisi.[96][97]

PlayoffPertandingan Penentuan

Artikel utama: Pertandingan Penentuan NBA

Playoff NBA dimulai pada bulan April setelah berakhirnya musim reguler dengan delapan tim teratas di setiap konferensi, tanpa memandang perbedaan divisi, bersaing untuk merebut gelar juara liga, Piala Larry O’Brien. Peringkat diberikan sesuai urutan catatan musim reguler (dengan sistem penghitungan tiebreaker digunakan jika diperlukan).

Memiliki peringkat yang lebih tinggi menawarkan beberapa keuntungan. Karena peringkat pertama memulai playoff melawan peringkat kedelapan, peringkat kedua melawan peringkat ketujuh, peringkat ketiga melawan peringkat keenam, dan peringkat keempat melawan peringkat kelima, memiliki peringkat yang lebih tinggi berarti tim akan menghadapi tim yang lebih lemah di putaran pertama.

Tim dalam setiap seri dengan catatan lebih baik memiliki keuntungan bermain di kandang, termasuk pada Babak Pertama. Sebelum liga mengubah format penentuan playoff-nya, untuk musim 2006–07, ini berarti bahwa, sebagai contoh, jika tim yang mendapatkan peringkat keenam memiliki catatan yang lebih baik daripada tim dengan peringkat ketiga (berkat kejuaraan divisi), tim peringkat keenam akan memiliki keuntungan bermain di kandang.

Meskipun tim lain memiliki peringkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tim dengan catatan musim reguler terbaik di liga dijamin memiliki keuntungan bermain di kandang dalam setiap seri yang dimainkannya. Sebagai contoh, pada tahun 2006, Denver Nuggets memenangkan 44 pertandingan dan merebut Divisi Northwest serta peringkat ketiga.

Lawan mereka adalah Los Angeles Clippers yang mendapatkan peringkat keenam, memenangkan 47 pertandingan dan berada di posisi kedua di Divisi Pacific. Meskipun Denver memenangkan divisi yang jauh lebih lemah, Clippers memiliki keuntungan bermain di kandang dan memenangkan seri tersebut dalam 5 pertandingan.

Playoff mengikuti format turnamen. Setiap tim bermain melawan lawan dalam serangkaian seri best-of-seven, di mana tim pertama yang memenangkan empat pertandingan akan maju ke putaran berikutnya, sedangkan tim lainnya dieliminasi dari playoff. Di putaran berikutnya, tim yang berhasil bermain melawan tim lain yang maju dari konferensi yang sama. Hampir semua tim kecuali satu di setiap konferensi dieliminasi dari playoff.

Karena NBA tidak mengurutkan ulang tim, bracket playoff di setiap konferensi menggunakan desain tradisional, dengan pemenang dari seri yang mencocokkan tim peringkat pertama dan kedelapan bermain melawan pemenang dari seri yang mencocokkan tim peringkat keempat dan kelima, dan pemenang dari seri yang mencocokkan tim peringkat kedua dan ketujuh bermain melawan pemenang dari seri yang mencocokkan tim peringkat ketiga dan keenam.

Pada setiap putaran, seri best-of-7 mengikuti pola home-court 2–2–1–1–1, yang berarti satu tim akan bermain di kandang pada pertandingan 1, 2, 5, dan 7, sedangkan tim lain bermain di kandang pada pertandingan 3, 4, dan 6. Dari tahun 1985 hingga 2013, NBA Finals mengikuti pola 2–3–2, yang berarti satu tim bermain di kandang pada pertandingan 1, 2, 6, dan 7, sedangkan tim lain bermain di kandang pada pertandingan 3, 4, dan 5.[98]

Putaran playoff terakhir, sebuah seri best-of-seven antara pemenang kedua konferensi, dikenal sebagai NBA Finals dan diadakan setiap tahun pada bulan Juni (kadang-kadang, seri ini dimulai pada akhir Mei). Pemenang NBA Finals menerima Piala Larry O’Brien Championship. Setiap pemain dan kontributor utama—termasuk pelatih dan manajer umum—di tim pemenang menerima cincin juara. Selain itu, liga memberikan Penghargaan Pemain Paling Berharga NBA Finals Bill Russell kepada pemain dengan penampilan terbaik dalam seri tersebut.

Liga mulai menggunakan format saat ini, dengan delapan tim teratas di setiap konferensi maju tanpa memandang perbedaan divisi, pada musim 2015–16. Sebelumnya, tiga tim teratas memberikan kepada pemenang divisi.[99]

Kejuraan

Artikel Utama: Daftar Juara NBA

Los Angeles Lakers dan Boston Celtics memegang kejuaraan terbanyak, masing-masing memenangkan 17 Final NBA. Ringkasnya, Golden State Warriors dan Chicago Bulls menduduki peringkat ketiga dan keempat, masing-masing dengan tujuh dan enam gelar.

Tim Kemenangan Kalah Total Tahun Kemengan Year(s) runner-up
Minneapolis/Los Angeles Lakers 17 15 32 Tahun 1949 – 1950 – 1952 – 1953 – 1954 – 1972 – 1980 – 1982 – 1985 – 1987 – 1988 –  2000 – 2001 – 2002 – 2009 – 2010 – 2020 Tahun 1959 – 1962 – 1963 – 1965 – 1966, 1968 – 1969 – 1970 – 1973 – 1983 – 1984 – 1989 – 1991 – 2004 – 2008
Boston Celtics 17 5 22 Tahun 1957 – 1959 – 1960 – 1961 – 1962 – 1963 – 1964 – 1965 – 1966 – 1968 – 1969 – 1974 – 1976 – 1981- 1984 – 1986 – 2008 Tahun 1958 – 1985 – 1987 – 2010 – 2022
Philadelphia/San Francisco/Golden State Warriors 7 5 12 Tahun 1947 –  1956 – 1975 – 2015 – 2017 – 2018 – 2022 Tahun 1948 – 1964 – 1967 – 2016 – 2019
Chicago Bulls 6 0 6 Tahun 1991 – 1992 – 1993 – 1996 – 199 – 1998
San Antonio Spurs 5 1 6 Tahun 1999 – 2003 – 2005 –  2007 – 2014 Tahun 2013
Syracuse Nationals/Philadelphia 76ers 3 6 9 Tahun 1955, 1967, 1983 Tahun 1950, 1954, 1977, 1980, 1982, 2001
Fort Wayne/Detroit Pistons 3 4 7 Tahun 1989 – 1990 – 2004 Tahun 1955 – 1956 – 1988 –  2005
Miami Heat 3 4 7 Tahun 2006 – 2012 – 2013 Tahun 2011 –  2014 – 2020 – 2023
New York Knicks 2 6 8 Tahun 1970 – 1973 Tahun 1951 – 1952 – 1953 – 1972 –  1994 – 1999
Houston Rockets 2 2 4 Tahun 1994 – 1995 1981, 1986
Milwaukee Bucks 2 1 3 Tahun 1971 – 2021 1974
Cleveland Cavaliers 1 4 5 Tahun 2016 Tahun 2007-  2015 –  2017 – 2018
St. Louis/Atlanta Hawks 1 3 4 Tahun 1958 1957 – 1960 – 1961
Baltimore/Washington Bullets (now Washington Wizards) 1 3 4 Tahun 1978 Tahun 1971 – 1975 – 1979
Seattle SuperSonics/Oklahoma City Thunder 1 3 4 Tahun 1979 Tahun 1978 – 1996 – 2012
Portland Trail Blazers 1 2 3 Tahun 1977 Tahun 1990, 1992
Dallas Mavericks 1 1 2 Tahun 2011 Tahun 2006
Baltimore Bullets (original) (folded in 1954) 1 0 1 Tahun 1948
Rochester Royals (now Sacramento Kings) 1 0 1 1951
Toronto Raptors 1 0 1 2019
Denver Nuggets 1 0 1 2023
Phoenix Suns 0 3 3 1976 – 1993 – 2021
Utah Jazz (formerly New Orleans Jazz) 0 2 2 Tahun 1997 – 1998
New Jersey Nets (now Brooklyn Nets) 0 2 2 Tahun 2002 – 2003
Orlando Magic 0 2 2 Tahun 1995 – 2009
Chicago Stags (folded in 1950) 0 1 1 Tahun 1947
Washington Capitols (folded in 1951) 0 1 1 1949
Indiana Pacers 0 1 1 2000

Tim-tim saat ini yang belum pernah tampil di NBA Finals:

  • Charlotte Hornets (sebelumnya Charlotte Bobcats)
  • Los Angeles Clippers (sebelumnya Buffalo Braves, San Diego Clippers)
  • Memphis Grizzlies (sebelumnya Vancouver Grizzlies)
  • Minnesota Timberwolves
  • New Orleans Pelicans (sebelumnya New Orleans Hornets, New Orleans/Oklahoma City Hornets)

Liputan media

Artikel utama: National Basketball Association di televisi

Lihat juga: Daftar penyiar National Basketball Association saat ini

Sebagai salah satu dari liga olahraga utama di Amerika Utara, NBA memiliki sejarah panjang kerjasama dengan jaringan televisi di Amerika Serikat. NBA menandatangani kontrak dengan DuMont Television Network pada musim kedelapannya, musim 1953–54, yang menandai tahun pertama NBA memiliki penyiar televisi nasional. Serupa dengan National Football League, kurangnya stasiun televisi mengakibatkan NBC mengambil alih hak siar mulai dari musim 1954–55 hingga 7 April 1962–periode pertama NBC dengan NBA.

Saat ini di Amerika Serikat, NBA memiliki kontrak dengan ESPN (dan ABC) dan TNT hingga musim 2024–25. Pertandingan yang tidak siarkan secara nasional biasanya menayangkan pada jaringan olahraga regional khusus untuk wilayah di mana tim berlokasi.

Kompetisi internasional

National Basketball Association (NBA) kadang-kadang berpartisipasi dalam kompetisi klub internasional. Dari tahun 1987 hingga 1999, tim NBA bermain melawan tim klub juara dari Asia, Eropa, dan Amerika Selatan dalam Kejuaraan McDonald’s. Turnamen ini dimenangkan oleh tim undangan NBA setiap tahunnya selama diselenggarakan.[100]

Harga Tiket dan Demografi Penonton

Pada tahun 2022, harga tiket rata-rata adalah $77,75.[101] Bergantung pada pasar dan tahapan musim—pra-musim, musim reguler, playoff—harga tiket dapat bervariasi mulai dari $10 hingga $70.000.[a][102]

Pada tahun 2020, harga tiket untuk NBA All Star Game menjadi lebih mahal dari sebelumnya, dengan rata-rata sekitar $2.600 ( dua ribu enam ratus ribu ), dan bahkan lebih tinggi dari pasar sekunder.[103]

Demografi Penonton

Menurut survei dari Nielsen pada tahun 2013, NBA memiliki penonton termuda, dengan 45 persen dari penontonnya berusia di bawah 35 tahun. Hingga tahun 2022, liga ini tetap menjadi yang paling sedikit ditonton oleh perempuan, yang hanya menyumbang 30% dari penonton.[104] Ketika waktu tahun 2014, 45 persen dari penontonnya adalah orang berkulit hitam, sedangkan 40 persen adalah orang kulit putih, menjadikannya satu-satunya olahraga papan atas di Amerika Utara yang tidak memiliki mayoritas penonton kulit putih.[105]

Pada tahun 2017, popularitas NBA lebih lanjut menurun di kalangan orang Amerika keturunan kulit putih, yang pada musim 2016–17, hanya menyumbang 34% dari penonton. Pada saat yang sama, penonton berkulit hitam meningkat menjadi 47 persen, sedangkan penonton keturunan Hispanik (dari berbagai ras) mencapai 11%, dan penonton keturunan Asia mencapai 8%. Menurut survei yang sama, NBA lebih disukai oleh pemilih dari Partai Demokrat daripada Partai Republik.[106]

Di luar AS, pasar internasional terbesar NBA adalah di China,[107][108] di mana sekitar 800 juta penonton menonton musim 2017–18.[109] NBA China memiliki nilai sekitar $4 miliar.[107][108]

Kontroversi dan Kritik

Artikel utama: Kritik dan Kontroversi National Basketball Association

NBA telah terlibat dalam sejumlah kontroversi selama bertahun-tahun dan menerima banyak kritik.[110][111][112]

Tokoh Terkenal

Informasi Selanjutnya: Naismith Memorial Basketball Hall of Fame

Presiden dan Komisioner

Informasi lebih lanjut: Komisioner NBA

  • Maurice Podoloff, Presiden dari tahun 1946 hingga 1963
  • Walter Kennedy, Presiden dari tahun 1963 hingga 1967 dan Komisioner dari tahun 1967 hingga 1975
  • Larry O’Brien, Komisioner dari tahun 1975 hingga 1984
  • David Stern, Komisioner dari tahun 1984 hingga 2014
  • Adam Silver, Komisioner dari tahun 2014 hingga sekarang

Pemain

  • Tim Peringatan Ulang Tahun ke-75 NBA
  • Daftar list pemain National Basketball Association atau di sebut (NBA)
  • Daftar pemain NBA asing, daftar ini khusus untuk pemain yang bukan berasal dari Amerika Serikat

“Debat NBA Tentang Siapa yang Paling Hebat Sepanjang Masa

Ada banyak perdebatan tentang siapa yang terhebat sepanjang masa di NBA. Daftar berikut mencakup sebagian besar nama-nama yang kami bahas dalam bahas kali ini.

Kriteria untuk masuk dalam daftar ini adalah untuk setiap pemain yang
(a) rata-rata mencetak setidaknya 23 poin per pertandingan DAN
(b) mencetak setidaknya 28.000 poin dalam karir mereka.

Name Points Per Game[113] Rebounds Per Game[114] Assists Per Game Career Points[115] Career Rebounds[116] Career Assists Championships MVP
Michael Jordan[117] 30.12 6.22 5.3 32,292 6,672 5,633 6 5
Wilt Chamberlain[118] 30.07 22.89 4.4 31,419 23,924 4,643 2 4
LeBron James[119] 27.20 7.51 7.3 38,652 10,667 10,420 4 4
Karl Malone[120] 25.02 10.14 3.6 36,928 14,968 5,248 0 2
Kobe Bryant[121] 24.99 5.24 4.7 33,643 7,047 6,306 5 1
Kareem Abdul-Jabbar[122] 24.61 11.18 3.6 38,387 17,440 5,660 6 6
Julius Erving[123] 24.16 8.47 4.2 30,026 10,525 5,176 1 (2 in ABA) 0 (3 in ABA)
Shaquille O’Neal[124] 23.69 10.85 2.5 28,596 13,099 3,026 4 1

Pemain Asing

  • Pengaruh Internasional
  • Informasi lebih lanjut: Daftar pemain NBA asing
  • Mengikuti para perintis seperti Vlade Divac (Serbia) dan Dražen Petrović (Kroasia) yang bergabung dengan NBA pada akhir 1980-an, semakin banyak pemain internasional yang langsung pindah dari bermain di tempat lain di dunia untuk menjadi bintang di NBA. Kemudian di bawah ini adalah daftar singkat pemain asing yang telah memenangkan penghargaan NBA atau mengakuinya karena kontribusi mereka pada bola basket, baik saat ini atau sebelumnya aktif di liga:
  • Dražen Petrović, Kroasia – Anggota Hall of Fame Bola Basket Memorial Naismith tahun 2002, pemenang Euroscar empat kali, pemenang Mr. Europa dua kali, MVP Kejuaraan Dunia FIBA 1986 dan EuroBasket 1989, peraih medali perak Olimpiade dua kali, juara dunia, juara Eropa, 50 Kontributor Terbesar EuroLeague.
  • Vlade Divac, Serbia – Anggota Hall of Fame Bola Basket Memorial Naismith tahun 2019, peraih medali perak Olimpiade dua kali, NBA All-Star 2001, juara dunia dua kali, juara Eropa tiga kali, pemenang Mr. Europa 1989, 50 Kontributor Terbesar EuroLeague.
  • Šarūnas Marčiulionis, Lituania – Anggota Hall of Fame Bola Basket Memorial Naismith tahun 2014. Pemain pertama dari Uni Soviet dan salah satu Eropa pertama yang menandatangani kontrak dengan klub NBA dan bermain secara konsisten di liga tersebut, membantu memimpin jalan bagi internasionalisasi liga pada akhir 1990-an.
  • Toni Kukoč, Kroasia – Diangkat menjadi anggota Hall of Fame Bola Basket Memorial Naismith pada tahun 2021, tiga kali menjadi juara NBA bersama Chicago Bulls (1996, 1997, 1998), pemenang Penghargaan Pemain Cadangan Terbaik 1996, menganggapnya sebagai salah satu dari 50 Kontributor Terbesar EuroLeague pada tahun 2008.
  • Arvydas Sabonis, Lituania – Diangkat membentuk anggota Hall of Fame Bola Basket Memorial Naismith pada tahun 2011, pemenang Euroscar lima kali, pemenang Mr. Europa dua kali, peraih medali emas Olimpiade pada tahun 1988 dengan Uni Soviet dan peraih medali perunggu pada tahun 1992 dan 1996 dengan Lituania, Anggota Tim Pertama Rookie NBA 1996, 50 Kontributor Terbesar EuroLeague.
  • Peja Stojaković, Serbia – Juara NBA dengan Dallas Mavericks (2011), MVP EuroBasket 2001, anggota tim all-tournament dalam Kejuaraan Dunia FIBA 2002, pemenang Euroscar 2001, pemenang Mr. Europa dua kali, juara NBA Three-Point Shootout dua kali, tiga kali NBA All Star.
  • Dirk Nowitzki, Jerman – Juara NBA dengan Dallas Mavericks (2011), MVP Kejuaraan Dunia FIBA 2002 dan EuroBasket 2005, anggota tim all-tournament dalam Kejuaraan Dunia FIBA 2002, pemenang Euroscar enam kali, Mr. Europa 2005, dua kali Pemain Tahun FIBA Eropa, MVP NBA 2007, Pemain Paling Berharga NBA Finals Bill Russell 2011, juara NBA Three-Point Shootout 2006, dan 14 kali NBA All-Star.
  • Hedo Türkoğlu, Turki – Pemenang Penghargaan Pemain Paling Berkembang 2008, anggota tim all-tournament dalam Kejuaraan Dunia FIBA 2010.
  • Pau Gasol, Spanyol – Juara NBA dua kali bersama Los Angeles Lakers (2009 dan 2010), enam kali NBA All-Star, NBA Rookie of the Year 2002, Mr. Europa dua kali, MVP Kejuaraan Dunia FIBA 2006, empat kali Euroscar, dua kali Pemain Tahun FIBA Eropa, MVP EuroBasket 2009 dan EuroBasket 2015, pemenang Penghargaan Kewarganegaraan NBA pada tahun 2012.
  • Andrei Kirilenko, Rusia – NBA All-Star 2004, MVP EuroBasket 2007, Pemain Tahun FIBA Eropa 2007.
  • Tony Parker, Prancis – Juara NBA empat kali dengan San Antonio Spurs, MVP NBA Finals 2007, enam kali NBA All-Star, dan pemenang Euroscar 2007.
  • Manu Ginóbili, Argentina – Juara NBA empat kali dengan San Antonio Spurs, pemenang Penghargaan Pemain Cadangan Terbaik 2008, dua kali NBA All-Star, 50 Kontributor Terbesar EuroLeague, peraih medali emas Olimpiade pada tahun 2004 dengan Argentina.
  • Yao Ming, Tiongkok – Diangkat menjadi anggota Hall of Fame Bola Basket Memorial Naismith pada tahun 2016, pemilihan pertama secara keseluruhan dalam draft NBA 2002 dan delapan kali NBA All-Star.
  • Leandro Barbosa, Brasil – Juara NBA dengan Golden State Warriors (2015), pemenang Penghargaan Pemain Cadangan Terbaik 2007.
  • Andrea Bargnani, Italia – Pilihan pertama secara keseluruhan dalam draft NBA 2006 oleh Toronto Raptors.
  • Giannis Antetokounmpo, Yunani – Juara NBA dengan Milwaukee Bucks (2021), Pemain Paling Berharga NBA Finals 2021, dua kali Pemain Paling Berharga NBA, Pemain Paling Berkembang 2017, lima kali NBA All-Star.
  • Nikola Jokić, Serbia – Juara NBA dengan Denver Nuggets (2023), Pemain Paling Berharga NBA Finals 2023, dua kali Pemain Paling Berharga NBA, tiga kali NBA All-Star, Anggota Tim Pertama Rookie NBA 2016, peraih medali perak Olimpiade.
  • Luka Dončić, Slovenia – Pemain Terbaik Pendatang Baru NBA 2019, tiga kali NBA All-Star, juara Eropa.

Pada beberapa kesempatan, pemain muda, kebanyakan namun tidak semuanya berasal dari dunia berbahasa Inggris, telah menghadiri perguruan tinggi di Amerika Serikat sebelum bermain di NBA. Contoh-contoh yang mencolok adalah:

  • Nigeria Hakeem Olajuwon – pilihan pertama secara keseluruhan dalam draft NBA 1984, juara dua kali, 12 kali NBA All-Star, NBA MVP 1994, dua kali NBA Finals MVP, dua kali NBA Defensive Player of the Year (satu-satunya pemain yang menerima Penghargaan MVP, Penghargaan Defensive Player of the Year, dan penghargaan Finals MVP dalam satu musim yang sama), dan anggota Hall of Fame.
  • Kongolese Dikembe Mutombo – pilihan keempat secara keseluruhan dalam draft NBA 1991, empat kali NBA Defensive Player of the Year, delapan kali NBA All-Star, dan anggota Hall of Fame.
  • Orang Belanda Rik Smits – pilihan kedua secara keseluruhan dalam draft NBA 1988, NBA All-Star 1998, bermain selama 12 tahun untuk Indiana Pacers.
  • Jerman Detlef Schrempf – pemenang Penghargaan NBA Sixth Man dua kali, tiga kali NBA All-Star.
  • Orang Kanada Steve Nash (dua kali NBA MVP, delapan kali NBA All-Star, anggota Hall of Fame) dan Andrew Wiggins (pilihan pertama secara keseluruhan dalam draft NBA 2014, NBA Rookie of the Year 2015).
  • Orang Australia Luc Longley (juara tiga kali bersama Chicago Bulls), Andrew Bogut (pilihan pertama secara keseluruhan dalam draft NBA 2005, juara NBA 2015 bersama Golden State Warriors), dan Ben Simmons (pilihan pertama secara keseluruhan dalam draft NBA 2016, NBA Rookie of the Year 2018, tiga kali NBA All-Star).
  • Orang Inggris kelahiran Sudan Luol Deng – pemenang Penghargaan Sportsmanship NBA 2007, dua kali NBA All-Star.
  • Orang Kamerun Joel Embiid (MVP NBA 2023, empat kali NBA All-Star, Anggota Tim Pertama Rookie NBA 2017) dan Pascal Siakam (juara NBA 2019 bersama Toronto Raptors, Pemain Paling Berkembang 2019, dua kali NBA All-Star).

Pelatih

  • Daftat List pelatih kepala National Basketball Association ( NBA ) saat ini
  • Daftat List pelatih kepala National Basketball Association ( NBA )
  • Daftar pemain-pelatih National Basketball Association
  • Daftar pelatih kepala juara NBA
  • Daftar pelatih NBA asing
  • Sepuluh Pelatih Terbaik dalam Sejarah NBA
  • Daftar pelatih NBA perempuan

NBA Peduli

Liga ini memiliki program tanggung jawab sosial global, NBA Peduli, yang bertanggung jawab atas misi liga dalam mengatasi masalah-masalah sosial penting di seluruh dunia.

Lihat juga

  • Berikut adalah terjemahan list tersebut ke dalam bahasa Indonesia:
  • Daftar Juara NBA
  • Daftar Penghargaan Asosiasi Bola Basket Nasional
  • Daftar Musim Asosiasi Bola Basket Nasional
  • Tim Pemandu Sorak Asosiasi Bola Basket Nasional
  • Persaingan di Asosiasi Bola Basket Nasional
  • Batas Gaji NBA
  • Daftar Seri Playoff NBA
  • Liga Musim Panas NBA
  • Kritik dan Kontroversi
  • Musik
  • Rating Nielsen
  • Daftar Musim Kering Tanpa Pasca-musim dari Franchise NBA
  • Daftar Berurutan Pasca-musim dari Franchise NBA
  • Toko NBA

Catatan

Referensi

  • Berikut adalah terjemahan list tersebut ke dalam bahasa Indonesia:
  • Lompat ke:
  • a b “Tanggal Ini dalam NBA: Juni”. Asosiasi Nasional Bola Basket. Informasi mengumpulkan kembali pada tanggal 4 Maret 2022.. 6 Juni 1946 – Asosiasi Bola Basket Nasional didirikan pada Hotel Commodore kota New York. Maurice Podoloff adalah presiden pertama liga, sebuah gelar yang kemudian mengubahnya menjadi komisaris.
  • ^ “Direktori NBA” (PDF). Asosiasi Bola Basket Nasional. 17 Oktober 2019. Mengarsipkan  dari PDF asli pada 26 Oktober 2019. Mengambil kembali pada 24 Februari 2022.
  • ^ Rathborn, Jack (18 November 2020). “NBA Draft 2020: Jam berapa mulai di Inggris, siapa yang mendapatkan pilihan No.1 dan bagaimana saya bisa menontonnya?”. The Independent.Mengarsipkan  dari asli pada 18 Juni 2022. Mengambilnya kembali ketika waktu 10 Desember 2020. Selanjutnya, NBA Draft 2020 ada di sini setelah beberapa hari gossip menarik seputar pertukaran saat liga bola basket terhebat di dunia mendominasi judul berita selama masa lowongnya.
  • ^ “Tanggal Ini dalam NBA: Agustus”. Asosiasi Bola Basket Nasional. Mengambilnya kembali pada 14 Juni 2020.
  • ^ “Atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia 2020”. Forbes.
  • ^ “DISEKAP: Tim dengan bayaran tertinggi di dunia, Man City mendekati Barca dan Real Madrid”. SportingIntelligence.com. 1 Mei 2012.Mengambil  kembali pada 11 Juni 2012.
  • ^ Gaines, Cork. “NBA adalah liga olahraga dengan bayaran tertinggi di dunia”. Business Insider.Mengambil  kembali pada 20 Mei 2015.
  • ^ “Anggota USA Basketball”. USAB.com. Mengambil kembali pada 14 Juni 2020.
  • ^ Mathewson, TJ (7 Maret 2019). “TV adalah penggerak terbesar dalam pendapatan liga olahraga global”. GlobalSportMatters.com. Mengambil kembali ketika waktu 10 Desember 2020.
  • ^ “Sejarah Bola Basket di Kanada”. Asosiasi Bola Basket Nasional. 8 Maret 2002. Tanggal ambil ulang data adalah 10 Desember 2020..
  • Lompat ke:
  • a b Ensiklopedia Resmi Bola Basket NBA. Villard Books. 1994. hlm. 34. ISBN 0-679-43293-0.
  • “Perayaan ulang tahun NBA yang tidak akurat mengesampingkan pengaruh Syracuse dalam panorama permainan (Dari dewan editorial: Opini dan Video).” Syracuse. Penerbitan pada tanggal 28 November 2021 dan mengakses kembali pada 30 Desember 2021..
  • ^ “NBA lahir”. Sejarah.Mengambil  kembali pada 29 Juli 2010.
  • Loncat ke:
  • a b McDowell, Sam (9 Maret 2013). “Lulusan Sumner Harold Hunter, Afrika-Amerika semenetara itu, pertama yang menandatangani kontrak dengan timnya NBA, meninggal di usia setelah 86”. Kansas City Star.Mengarsipkan dari aslinya pada 12 Maret 2013. Mengakses pada 30 Maret 2013.
  • ^ “Pelopor NBA Harold Hunter, mantan pelatih Xavier, meninggal Kamis”. Times-Picayune. 7 Maret 2013. Mengakses pada 30 Maret 2013.
  • ^ “Mantan pelatih bola basket Tennessee State Harold Hunter meninggal dunia”. The City Paper. 7 Maret 2013. Mengarsipkan dari aslinya pada 2 November 2013. Mengakses pada 30 Maret 2013.
  • ^ “1949–51: Lakers Menang Final NBA Pertama”. Lakers.com. NBA Media Ventures, LLC. Mengakses pada 30 Juli 2010.
  • ^ “Sejarah Aturan NBA”. Data ini bertanggal 8 Mei 2008. Mengarsipkan dari aslinya pada 3 Maret 2011. Mengakses pada 30 Juli 2010.
  • ^ “Kemenangan Kejuaraan”. Celtics.com. NBA Media Ventures, LLC. Mengakses pada 31 Desember 2018.
  • ^ Salzberg, Charles (1998). Oleh sebab itu, dari Set Shot hingga sekarang Slam Dunk. New York: McGraw-Hill. p. 203. ISBN 978-0-8032-9250-5.
  • ^ Crowe, Jerry (27 April 2010). “Siluet ikonik NBA dapat menulusuri kembali padanya”. Los Angeles Times. Mengarsipkan dari aslinya pada 29 April 2010. Mengakses pada 23 Mei 2011.
  • ^ “TINJAUAN MUSIM 1970–71”. Asosiasi Bola Basket Nasional, mempertahankan dari sumber asli pada tanggal 19 November 2010. Memperoleh kembali pada 30 Juli 2010..
  • ^ DuPree, David (11 Oktober 1979). “Putaran Baru di NBA: Gol 3-Poin”. The Washington Post.
  • Loncat ke:
  • a b “ESPN.com – ENDOFCENTURY – Katz: Magic dan Bird melakukan semuanya”. ESPN. Mengakses pada 5 April 2019.
  • ^ ET, 2017 at 9:17p. “12 momen yang mendefinisikan sejarah Lakers”. Fox Sports. Mengakses pada 5 April 2019.
  • ^ “Gaji Bird Diproyeksikan mencapai $6 Juta pada ’91–’92”. Los Angeles Times. 13 Agustus 1989. ISSN 0458-3035. Mengakses pada 5 April, 2019.
  • ^ “NBA: Awal Musim : Harga Franchise NBA Mulai Naik hingga $32.5 Juta”. Los Angeles Times. 8 November 1988. ISSN 0458-3035. Mengakses pada 5 April 2019.
  • ^ Burns, Scott. “5 Performa Teratas dalam Sejarah Kontes 3 Poin NBA”. Bleacher Report. Mengakses pada tanggal  5 April 2019.
  • ^ “David Stern menjadi Komisioner NBA keempat, 1984”. Forbes. Mengakses pada 5 April 2019.
  • ^ “David Stern meninggalkan sebagai ‘Alasan No. 1’ untuk sukses NBA”. USA Today. Mengakses pada 5 April 2019.
  • ^ “Komisaris NBA Stern Membantu Pertumbuhan Liga”. NPR.org. Mengakses pada 5 April 2019.
  • ^ Lincicome, Bernie (23 Juni 2017). “20 Juni 1984: Bulls ‘terjebak’ dengan Michael Jordan dengan minta maaf”. Chicago Tribune. Mengakses pada 9 April 2019.
  • ^ Goldaper, Sam (29 Oktober 1989). “NBA ’89–90; Turnovers, 2 Tim Lagi dan Pertanyaan”. The New York Times. ISSN 0362-4331. Mengakses pada 9 April 2019.
  • ^ “Daly meninggal di usia 78; memimpin Pistons ke kejuaraan, AS ke emas”. ESPN. 9 Mei 2009. Mengakses pada 9 April 2019.
  • ^ “The New York Times: Hari Ini dalam Olahraga”. The New York Times. Mengakses pada 9 April 2019.
  • ^ “Ulangan 3-Peat, Bulls Menang Lagi!”. CBS News. 14 Juni 1998. Mengakses pada 9 April 2019.
  • ^ “Flashback: Rockets sapu Magic untuk mahkota NBA kedua secara beruntun”. Houston Chronicle. 14 Juni 2018. Mengakses pada 9 April 2019.
  • ^ Davis, Scott. “DIMANA MEREKA SEKARANG? 1992 Dream Team yang mendominasi bola basket Olimpiade”. Business Insider. Mengakses pada 9 April 2019.
  • ^ “25 fakta untuk merayakan Dream Team 25 tahun kemudian”. Chicago Sun-Times. 27 Juli 2017. Mengakses pada 9 April 2019.
  • ^”Komisaris NBA Adam Silver memuji Toronto, tetapi mengatakan tidak ada lagi tim Kanada”.
  • Berikut adalah terjemahan dalam Bahasa Indonesia:
  • ^ Brown, Clifton ( Waktu 3 November 1995). “BASKET PRO; Sekarang Bermain di N.B.A., Raptors dan Grizzlies”. The New York Times. ISSN 0362-4331. Mengaksespada waktu 9 April 2019.
  • ^ Araton, Harvey (13 Mei 2016). “Saat W.N.B.A. Membuka Musim ke-20, Tokoh Kunci Mengingat Pertandingan Pertama”. The New York Times. ISSN 0362-4331. Mengarsipkan dari aslinya pada tanggal 13 Mei 2016. Mengakses pada tanggal 9 April 2019.
  • ^ Wise, Mike (30 Juni 1998). “BASKETBALL; Itu Bola Mereka, dan Pemilik N.B.A. Meminta untuk Lockout”. The New York Times. ISSN 0362-4331. Mengarsipkan dari aslinya pada 27 November 2020. Mengkases pada 9 April 2019.
  • ^ Johnson, Martin (30 Juni 2011). “Alasan untuk Optimistis Tentang Lockout NBA”. The Atlantic. Mengakses 9 April 2019.
  • ^ Mendoza, Madalyn (25 Juni 2018). “Pada akhirnya, pada hari ini dalam sejarah San Antonio: Spurs memenangkan Kejuaraan NBA pertama mereka 19 tahun yang lalu”. San Antonio Express-News. Diarsipkan dari aslinya pada 9 November 2020.Mengakses 9 April 2019.
  • ^ Stern, David J.; Buchanan, Richard W. (19 Mei 2005). “Kesaksian David J. Stern, Komisaris, Asosiasi Basket Nasional dan Richard W. Oleh karena itu, Buchanan, Wakil Presiden Senior dan Penasihat Umum, Asosiasi Basket Nasional, Sebelum Komite tentang Reformasi Pemerintah, DPR AS” (PDF). oversight.house.gov. DPR Amerika Serikat. Mengarsipkannya dari aslinya (PDF) pada 18 Januari 2021. Mengakses 17 Januari 2021.
  • ^ Withers, Tom (15 Juni 2009). “Penebusan: Bryant memimpin Lakers meraih gelar NBA ke-15”. Yahoo! Sports. Mengakses 5 Agustus 2010.
  • ^ Beacham, Greg (18 Juni 2010). “Lakers mengalahkan Celtics di Game 7, memenangkan gelar ke-16”. Yahoo! Sports.Mengarsipkan dari aslinya pada 5 Agustus 2011. Mengakses pada 30 Juli 2010.
  • ^ MacMahon, Tim (15 Februari 2010). “Rekor penonton di All-Star Game”. ESPN. Mengakses 25 Juli 2010.
  • ^ “NBA, wasit sepakat untuk perjanjian dua tahun, mengakhiri lockout”. Asosiasi Basket Nasional. Associated Press. 23 Oktober 2009. Mengakses 3 Juni 2017.
  • ^ Sheridan, Chris (26 Oktober 2009). “Wasit NBA akan kembali untuk musim reguler”. ESPN. Mengakses 5 Agustus 2010.
  • ^ Stein, Marc (11 Oktober 2011). “NBA membatalkan 2 minggu pertama musim”. ESPN. Mengakses  pada 12 Oktober 2011.
  • ^ “Pemilik N.B.A. dan Pemain Mengesahkan Kesepakatan Buruh”. The New York Times. 9 Desember 2011.Mengarsipkan dari aslinya pada 10 Desember 2011. Mengakses 8 Desember 2016.
  • ^ “Momen teratas: Warriors mencetak rekor dengan musim menang 73”. Asosiasi Basket Nasional. Mengakses 6 April 2020.
  • ^ Maloney, Jack (10 Juni 2018). “Lini waktu delapan penampilan NBA Finals berturut-turut LeBron James”. CBSSports.com. Mengakses 6 April 2020.
  • ^ Johnson, Alex (13 Juni 2019). “Toronto Raptors mengalahkannya Golden State Warriors untuk gelar NBA pertama”. NBC News. Mengakses 7 April 2020.
  • ^ Reynolds, Tim (11 Maret 2020). “NBA menunda musim setelah pemain Utah Jazz positif COVID-19”. CTVNews. Mengakses 12 Maret 2020.
  • ^ Cacciola, Scott; Deb, Sopan (11 Maret 2020). “N.B.A. Menunda musim Setelah pemain menguji positif untuk Coronavirus”. The New York Times. Mengarsipkan dari aslinya pada 12 Maret 2020. Mengakses 12 Maret 2020.
  • ^ release, Official. “Dewan Gubernur NBA Menyetujui Format Kompetitif Untuk Memulai Kembali Musim 2019-20 Dengan 22 Tim Yang Kembali Bermain”. Asosiasi Basket Nasional.
  • ^ Mannix, Chris. “Bebas Dari Karantina: Gelembung NBA Adalah Pengalaman Unik”. Sports Illustrated.
  • ^ Harris, Mary (22 Juli 2020). “Kisah-kisah Aneh Kehidupan Sehari-hari Dalam Gelembung NBA”. Slate.
  • ^ “Game 1 Final NBA Melihat Penonton Terendah Dalam Sejarah Peringkat Yang Tercatat”. Yahoo! Sport. Oktober 2020.
  • ^ “Penurunan Peringkat NBA: Jajak Pendapat Baru Mengungkapkan Alasan Utama”. 8 September, 2020.
  • ^ “Insider: Penurunan Peringkat TV NBA Yang Historis Datang Dengan ‘Caveat Jelas'”. Sports Illustrated.
  • ^ Amico, Sam. “Penurunan Peringkat NBA Putaran Pertama 27 Persen. Dahulu 40 Persen Sejak 2017–18”. Sports Illustrated. Mengambil pada 6 Januari 2021.
  • ^ “Peringkat NBA pada ABC Turun 45 Persen dibandingkan dengan Musim 11-12”. basketball.realgm.com.
  • ^ Helin, Kurt (29 Oktober, 2013). “Rekor 92 Pemain Asing Di Skuad NBA Untuk Memulai Musim”. Mengambil pada 8 Desember, 2016.
  • ^ “Daftar NBA Menampilkan 108 Pemain Internasional Dari Rekor 42 Negara dan Wilayah” (Siaran Pers). Asosiasi Basket Nasional. 17 Oktober, 2017. Mengambil pada 31 Desember, 2018.
  • ^ “Pertanyaan Yang Sering Diajukan: NBA G League”. Asosiasi Basket Nasional. Mengakses pada 31 Desember, 2018.
  • ^ “NBA Memperkenalkan Bola Baru”. Asosiasi Basket Nasional. 28 Juni, 2006. Mengarsipkan dari aslinya pada 17 Maret, 2012. Mengambil pada 31 Desember, 2018.
  • ^ Stein, Marc (12 Desember, 2006). “Bola Kulit Akan Kembali Pada 1 Januari”. ESPN. Mengambil pada 13 Juni, 2011.
  • ^ Stein, Marc (8 Desember, 2006). “Kontroversi Bola NBA Mencapai Level Baru”. ESPN.Mengambil pada 13 Juni, 2011.
  • ^ Dator, James (26 Juni, 2017). “The Hornets Akan Menjadi Satu-satunya Tim NBA Yang Mempunyai Jersey Berlisensi Jumpman”. SB Nation.  Mengambil pada 6 Juli, 2017.
  • ^ “Donaghy Sedang Diselidiki Untuk Taruhan Pada Pertandingan NBA”. ESPN.com. 20 Juli, 2007. Mengambil pada 27 Desember, 2022.
  • ^ “2002 Lakers-Kings Game 6 Di Pusat Alegasi Donaghy”. 11 Juni, 2008.Mengambil  pada 16 Desember, 2010.
  • ^ Virgin, Ryan (13 April, 2010). “Motif David Stern dan Tim Donaghy Tidak Begitu Berbeda”. Bleacher Report. Mengambil pada 3 Januari, 2015.
  • ^ Beech, Ronald (2008). “Review Panggilan: Lakers-Kings Game 6”.Mengambil  pada 3 Januari, 2015.
  • ^ “Dewan Gubernur NBA Menyetujui Pembangkit Tenaga Listrik Sonics Untuk Pindah Ke Oklahoma City Menunggu Penyelesaian Litigasi”. NBA.com. NBA Media Ventures, LLC. 18 April, 2008.Mengarsipkan dari aslinya pada 20 Mei, 2017.Mengambil  pada 31 Desember, 2018.
  • ^ “Pernyataan Komisaris NBA David Stern Tentang Penyelesaian Antara Sonics dan Kota Seattle”. NBA.com. NBA Media Ventures, LLC. 2 Juli, 2008. Mengarsipkan dari aslinya pada 5 Juli, 2008.Mengambil pada 31 Desember, 2018.
  • ^ McMenamin, Dave (12 Oktober, 2008). “Pertandingan Outdoor Melihat Penembakan, Penurunan Suhu”. Asosiasi Basket Nasional. Mengambil pada 25 Juli, 2010.
  • ^ “New Orleans Pelicans Resmi Mengadopsi Nama Baru”. Pelicans.com. NBA Media Ventures, LLC. 18 April, 2013. Mengambil  pada 31 Desember, 2018.
  • ^ “Nama Charlotte Hornets Kembali Ke Carolinas”. Hornets.com. NBA Media Ventures, LLC. 20 Mei, 2014. Mengambil pada 31 Desember, 2018.
  • ^ “Pemilik Clippers Sterling Dilarang Seumur Hidup Oleh NBA”. Asosiasi Basket Nasional. Associated Press. 29 April, 2014. Mengarsipkan dari aslinya pada 29 Desember, 2018. Mengambil pada 15 April, 2016.
  • ^ “Spurs Membuat WNBA’s Hammon Asisten NBA Wanita Pertama”. Asosiasi Basket Nasional. Associated Press. 5 Agustus, 2014. Mengambil pada 15 April, 2016.
  • Jump up to:
  • a b Fagan, Kate (5 Agustus, 2014). “Becky Hammon Lahir Untuk Melatih”. ESPN. Mengakses pada 15 April, 2016.
  • ^ Mahoney, Brian (15 April, 2016). “NBA Akan Mulai Menjual Sponsor Jersey Pada 2017–18”. Asosiasi Basket Nasional. Associated Press. Mengambil pada 15 April, 2016.
  • ^ “Philadelphia 76ers dan StubHub umumkan Sponsor baju pertama dalam olahraga profesional Amerika utama”. Sixers.com (Siaran Pers). NBA Media Ventures, LLC. 15 Mei, 2016. Dan lalu, mengakses ketika kiakses tanggal 31 Januari, 2017.
  • ^ “Pandangan pertama pada logo NBA yang disegarkan”. Asosiasi Basket Nasional. 6 Juli, 2017. Dan lalu, mengakses ketika tanggal 18 Desember, 2017.
  • ^ Whitaker, Lang (18 Juli, 2017). “NBA, Nike memperkenalkan seragam baru untuk musim 2017-18”. Asosiasi Basket Nasional. Dan lalu, mengakses ketika tanggal 18 Desember, 2017.
  • ^ “Tim memperkenalkan seragam Edisi yang Didapat untuk musim 2018-19” (Siaran Pers). Asosiasi Basket Nasional. 12 Desember, 2018. Dan lalu, mengakses tanggal 25 April, 2021.
  • ^ “Turnamen Musim NBA akan memulai debut pada musim 2023-24”. NBA.com. 8 Juli, 2023. Mengakses tanggal 8 Juli, 2023.
  • ^
  • Loncat ke:
  • ab Schuhmann, John (17 Desember, 2009). “Knicks, Kobe dan lebih banyak bagian dari lore Hari Natal”. Asosiasi Basket Nasional. Mengarsipkan dari aslinya pada 2 Desember, 2010. Mengakses  tanggal 27 Desember, 2010.
  • ^
  • Loncat ke:
  • ab c Eisenberg, Jeff (24 Desember, 2009). “Tradisi Natal”. The Riverside (Ca.) Press-Enterprise. hal. B1.
  • ^
  • Loncat ke:
  • ab c Garcia, Art (13 Desember, 2009). “Bentrokan Hari Natal mengembalikan kenangan indah”. Asosiasi Basket Nasional. Mengakses tanggal 27 Desember, 2010.
  • ^ “Perdagangan NBA sejak 1987”. Asosiasi Basket Nasional. Mengakses ari aslinya pada tanggal 9 bulan November, tahun 2009. Mengakses tanggal 5, bulan Januari, tahun 2012.
  • ^ “Tim NBA Rookie Setiap Tahun”. NBA.com. Dan lalu, mengakses ketika tanggal 27  bulan Desember, tahun 2022.
  • ^ “Tim NBA Defensif Setiap Tahun”. NBA.com. Mengakses tanggal 27 bulan Desember, tahun 2022.
  • ^ “Pemilik NBA mengubah format Final menjadi 2-2-1-1-1”. Asosiasi Basket Nasional. Associated Press. 23 Oktober, 2013. Mengarsipkan  dari aslinya pada 15 Mei, 2014. Mengakses tanggal 19 April, 2015.
  • ^ “NBA akan menentukan tim playoff di masing-masing konferensi berdasarkan catatan”. Asosiasi Basket Nasional. Associated Press. 8 September, 2015. Mengakses iakses tanggal 16 bulan Juli, tahun2017.
  • ^ “Kejuaraan bola basket klub baru akan memulai debut pada 2010”. ESPN. 9 Desember, 2008. Mengakses ketika tanggal 13 bulan Juni lalu, tahun 2011.
  • ^ “Team Market Report Memublikasikan NBA Fan Cost Index; Ada peningkatan yang sedikit”. Sports Law Expert. 8 Mei, 2022. Mengakses tanggal 1 bulan Oktober, tahun 2022.
  • ^ May, Jeffrey (24 November, 2021). “Berapa harga tiket NBA? Berapa harga rata-ratanya?”. Diario AS. Mengakses tanggal 1 bulan Oktober, tahun 2022.
  • ^ “Tiket NBA All-Star Game 2020 adalah yang Paling Mahal dalam 10 tahun terakhir 🎟️”. SLAM. 13 Februari, 2020. Mengakses tanggal 19 bulan Februari, tahun 2020.
  • ^ “Tunjukkan Padaku Uang: Penggemar Kaya & Ekonomi Olahraga”. Ipsos. 14 April, 2022. Mengakses tanggal 11 bulan Juli, tahun 2023.
  • ^ Thompson, Derek (10 Februari, 2014). “Olahraga apa yang memiliki penggemar tertertua/terkaya/terbanyak?”. The Atlantic. Mengakses tanggal 8 bulan Desmber, tahun 2016.
  • ^ Piacenza, Joanna (25 Januari, 2018). “NFL Bukanlah satu-satunya Olahraga yang Menyebabkan Pemisahan di Amerika”. Morning Consult.
  • ^
  • Loncat ke:
  • ab “Silver berharap ada ‘saling menghargai’ antara NBA dan China di tengah pertanyaan”. South China Morning Post. 1 Juli, 2020. Mengakses tanggal 2 bulan Desmber, tahun 2020.
  • Loncat ke:
  • a b “Bagaimana perselisihan NBA dengan Cina mengungkapkan biaya kebebasan berbicara”. The Guardian. 12 Oktober, 2019. Mengakses tanggal 2 bulan Desmber, tahun 2020.
  • ^ “NBA Mencari Ketua Pemerintahan Pertama di China”. Bloomberg.com. 20 Maret, 2019. Mengakses tanggal 2 bulan Desmber, tahun 2020.
  • ^ Spring, Jay (10 September, 2017). “Setiap Tim NBA Kontroversi atau Konspirasi Terbesar”. thesportster.com. The Sportster. Mengakses tanggal 13 Oktober, 2019.
  • ^ Simpson, Jake (30 November, 2012). “Kontroversi NBA Spurs adalah Kontroversi tentang Tujuan Olahraga”. The Atlantic. Mengakses tanggal 13 Oktober, 2019.
  • ^ Havervold, Kale. “Momen-momen Terkelam dalam Sejarah NBA”. sportsbreak.com. Sports Break. Mengakses tanggal 13 Oktober, 2019.
  • ^ “Pemimpin dan Rekor Karir NBA & ABA untuk Rata-rata Poin per Pertandingan”. Basketball-Reference.
  • ^ “Pemimpin dan Rekor Karir NBA & ABA untuk Rata-rata Rebound per Pertandingan”. Basketball-Reference.
  • ^ “Pemimpin dan Rekor Karir NBA & ABA untuk Poin”. Basketball-Reference.
  • ^ “Pemimpin dan Rekor Karir NBA & ABA untuk Total Rebound”. Basketball-Reference.
  • ^ “Michael Jordan”. Basketball-Reference.
  • ^ “Wilt Chamberlain”. Basketball-Reference.
  • ^ “LeBron James”. Basketball-Reference.
  • ^ “Karl Malone”. Basketball-Reference.
  • ^ “Kobe Bryant”. Basketball-Reference.
  • ^ “Kareem Abdul-Jabbar”. Basketball-Reference.
  • ^ “Julius Erving”. Basketball-Reference.
  • ^ “Shaquille O’Neal”. Basketball-Reference.
  • ^ Salvadore, Damon (17 Juni, 2015). “Leandro Barbosa Mencatat Sejarah NBA saat Golden State Warriors Mengalahkan Cleveland Cavaliers di Final”. Latin Post. Mengakses tanggal 20 Januari, 2016.
  • ^ “NBA Cares, pelatihan pelatih akan dilaksanakan menjelang pertandingan akhir pekan”. Free Press Journal. 2 Oktober, 2019. Mengakses tanggal 9 Oktober, 2019.

WLC: Artikel ini di salin dari Wikipedia: Dan di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia oleh pihak World Lion Championship.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here