Terkadang, di dunia kerja, sebagian orang sulit berolahraga karena harus bekerja pada malam hari. Seperti pada pegawai resepsionis hotel, pelayanan rumah sakit, polisi, dan pemadam kebakaran berjalan lancar.

Shift malam membutuhkan stamina yang baik untuk tetap bugar. Untuk tetap sehat, kita harus sering melakukan kegiatan fisik dan makan makanan sehat dan juga seimbang.

Waktu Paling Tepat Untuk Berolahraga Pada Shift Malam

Pegawai shift malam sering menghadapi masalah memutuskan kapan harus beraktivitas, karena pagi hari digunakan untuk istirahat. Namun, jika tidak, kita akan merasa lemas dan tidak sehat, hingga dapat menghambat pekerjaan. Berikut adalah beberapa waktu paling disarankan untuk berolahraga:

  1. Sebelum berangkat

Kita dapat melakukannya sebelum berangkat kerja, seperti orang lain yang berangkat di pagi hari. Untuk shift malam kadang-kadang membuat kita lelah dan meningkatkan risiko gangguan emosi.

Untuk mencapainya, kita harus melakukan aktivitas fisik yang di kenal memiliki efek mengurangi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan mood, dan meningkatkan konsentrasi.

  1. Sela-sela jam sibuk

Jika kita tidak memiliki waktu untuk beraktivitas fisik sebelum bekerja, kita dapat meluangkan waktu dengan melakukannya di sela-sela pekerjaan kita. Agar mendorong diri Anda agar melakukan aktivitas tersebut, Anda dapat membawa beban ringan saat Anda berangkat kerja.

Jika Anda tidak memiliki peralatan olahraga yang tepat, Anda dapat melakukan latihan kekuatan seperti lunge, push-up, plank, step-up, atau gerakan lainnya tanpa peralatan.

  1. Sepulang kerja

Bagi pegawai shift malam, kegiatan fisik sepulang kerja juga bisa menjadi waktu yang tepat. Olahraga berat sebelum tidur, bagaimanapun, dapat menyebabkan peningkatan adrenalin, yang menyebabkan kesulitan tidur.

Kegiatan ringan, seperti jalan kaki, bersepeda, atau yoga, dapat membantu Anda menjadi lebih santai dan kurang stres saat tidur. Faktanya, tidak ada standar yang jelas tentang berapa banyak olahraga yang baik bagi pegawai malam.

Anda dapat melakukannya kapan saja sesuai jadwal, kebutuhan, dan preferensi Anda. Terpenting, Anda harus meluangkan waktu setidaknya tiga puluh menit setiap hari dan tiga hingga lima kali seminggu untuk melakukannya.

Penduduk yang bekerja pada malam hari lebih rentan terhadap obesitas dan penyakit kardiovaskular. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil, meningkatkan mood, dan mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, stroke, dan kolesterol tinggi.

FAQ

Apa keuntungan berolahraga di malam hari?

Manfaatnya mencakup meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Bisakah kita berolahraga dua kali setiap hari?

Olahraga dua kali sehari ini membantu banyak hal, termasuk membangun otot dan meningkatkan kekuatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here