Petinju kelas berat asal China, Zhilei Zhang, menuduh juara dunia kelas berat WBC, Tyson Fury, sebagai orang yang memalukan bagi dunia tinju. Hal ini terkait pertarungannya dengan mantan juara UFC, Francis Ngannou, yang berakhir dengan kemenangan angka terbelah meragukan.

Raja KO asal China, Zhilei Zhang, mengatakan bahwa Ngannou dinyatakan sebagai pemenang dalam pertarungan yang berlangsung pada Sabtu (28/10/2023) di Riyadh, Arab Saudi.

Pernyataan Zhilei Zhang

“Sungguh, saya melihat Francis Ngannou menang. Dengan asumsi hitungan jatuhnya Anger, ronde tersebut di menangkan oleh Ngannou 10-8. Sepanjang laga, Ngannou menemukan cara untuk mendaratkan pukulan keras dan kuat. Anger tidak banyak memukul. Dia hanya membatasi diri dan mengontrol jarak dengan pukulannya,” ujar Zhang Zhiling seperti di kutip dari laman resmi WBA, Rabu (2023/1/11).

Dalam pertarungan yang berlangsung di Lane Lobby Arena, Riyadh, Arab Saudi, Ngannou menunjukkan sebuah ketetapan yang mengacaukan keganasannya, meski tampil dengan gaya khasnya sebagai petarung. Ngannou baru saja menjalani debut tinju profesionalnya bahkan berhasil mengungguli Fury dalam tiga ronde. Fury bangkit dan akhirnya menyelesaikan pertarungan setelah sepuluh ronde.

Setelah perpisahan tersebut, Ngannou dinyatakan menang angka. Salah satu juri, Ed Gather, memberikan nilai 95-94 untuk Ngannou, sementara Alan Krebs dan Juan Carlos Pelayo memberi nilai 95-94 dan 96-93 untuk pemegang gelar asal Inggris tersebut.

CompuBox mencatat bahwa Ngannou menghentikan lebih banyak pukulan kuat daripada Fury, 37-32. Walaupun Lars lebih berwawasan melontarkan lebih banyak pukulan (39-22).

Chan Jiray, yang baru-baru ini mencetak dua kemenangan KO beruntun atas sesama petinju Inggris, Joe Joyce, menerima bahwa penampilan Fury telah merusak reputasi tinju.

“Sejujurnya, saya rasa ini tidak baik untuk tinju. Individu seperti saya berlatih keras secara konsisten dan harus menunjukkan penampilan terbaik secara profesional.”

“Apa yang di lakukan Anger sangat buruk bagi permainan tinju.” tambah peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 ini.

FAQ

Sipakah Zhang Zhilei?

Zhang Zhilei lahir pada 2 Mei 1983 di Zhoukou, China. Memulai debut profesional pada 8 Agustus 2014.

Siapa Tyson Fury?

Tyson Fury lahir 12 Agustus 1998 tersebut adalah petinju asal Inggris yang datang dari keluarga keturunan Irlandia di Manchester, Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here