BERITA TERBARU

Tertarik Dengan Pemain Asia, Federasi Perluas Ke 64 Negara

Pemain Asia

Asosiasi Bola Voli Korea (KOVO) akan mengadakan pertemuan khusus dengan klub peserta Liga Bola Voli Korea. Sebanyak 14 tim profesional putra dan putri sedang mendiskusikan cara untuk menambah jumlah negara yang memenuhi syarat untuk seleksi pemain Asia.

Ya, untuk pertama kalinya aturan terhadap pemain asing di kawasan Asia diberlakukan hanya untuk Liga Bola Voli Korea musim 2023-2024. Setiap tim berhak memiliki pemain Asia di timnya selama satu musim penuh. Meski sempat ada kekhawatiran, namun para pemain bola voli Asia mampu bersaing dan menunjukkan kemampuannya.

Dampak Pemain Asia

Beberapa nama mendapatkan popularitas saat bermain di Liga Korea. Salah satunya adalah pemain timnas voli putri Indonesia Megawati Hungestri Pertiwi. Bagaimana bisa? Megawati menjadi satu-satunya pemain asal Asia yang menjadi nama rumah tangga.

Ia memperkuat Daejeon JungKwanJang Red Sparks dan langsung meraih gelar Most Valuable Player atau MVP di babak pertama. Selanjutnya, Megawati mampu menduduki puncak daftar pencetak gol terbanyak bahkan mempertahankan posisinya sebagai striker.

Megawati telah mengumpulkan 309 poin sejauh ini, menempati peringkat kelima pencetak gol terbanyak Liga Bola Voli Korea. Selain Megawati, beberapa atlet lainnya juga menunjukkan bakatnya di kompetisi putri.

Tim nasional bola voli wanita Thailand terdiri dari tiga tim yakni Guedpal Pornpun (Hwaseong IBK Altos), Thanacha Sooksod (Gimcheon Korea Expressway High Pass), dan Wipawee Srithong (Suwon Hyundai Construction Hill State).

Baca artikel lainnya: Triple-Double Dari Luka Doncic, LA Clippers Kalahkan Juara Bertahan

Sebagai pengambil kebijakan utama Liga Bola Voli Korea, KOVO berencana memperluas seleksi anggota dari 10 negara menjadi 64 negara anggota Konfederasi Bola Voli Asia (AVC), tidak termasuk Australia.

Hanya 10 negara yang terpilih untuk memilih klub voli Korea musim ini. Asia Timur terdiri dari empat Negara yakni Jepang, Mongolia, Taiwan, dan Hong Kong, dan Asia Tenggara terdiri dari enam Negara yaitu Thailand, Filipina, Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Myanmar.

Dalam kesempatan itu, 13 calon Indonesia mendapat undangan khusus pada turnamen seleksi tersebut. Jika di lihat rinciannya, ada 10 orang putra dan 3 orang putri. Sayangnya, hanya dua orang putra Indonesia yang mengikuti proses seleksi, Dimas Saputra dan Rendy Febrianto Tamamilang.

FAQ

Berapa pemain Indonesia yang di undang ke turnamen seleksi?

13 calon Indonesia mendapat undangan khusus pada turnamen seleksi.

Siapa yang berhasil lanjut ke proses seleksi?

Hanya dua pemain putra Indonesia yang mengikuti proses seleksi, Dimas Saputra dan Rendy Febrianto Tamamilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *