BERITA TERBARU

Teknik Olahraga Bola Basket yang Perlu Dikuasi

Olahraga bola basket merupakan permainan beregu yang dimainkan oleh dua tim, di mana setiap tim terdiri dari lima pemain. Untuk memenangkan permainan Anda perlu menguasai teknik dasar bola basket.

Permainan olahraga bola basket meliputi dribbling (mengoper bola sambil berjalan atau berlari), passing (mengoper bola kepada rekan satu tim) dan shooting (melempar bola ke ring lawan).

Olahraga

Tujuan utama dalam bola basket adalah mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan menempatkan bola di dalam ring. Sebelum memainkan permainan ini, ada baiknya setiap pemain mempelajari keterampilan dasar bola basket.

Pemain Olahraga Bola Basket Perlu Menguasai Teknik Dasar yang Meliputi Beberapa Hal.

  1. Menggiring bola

Pemain bola basket umumnya menggunakan teknik menggiring bola sebagai salah satu keterampilan utama dalam olahraga ini. Metode ini melibatkan membawa bola dengan memantulkannya ke tanah dengan satu tangan atau alternatifnya berjalan atau berlari.

Menggiring bola dapat membantu pemain mencegah bola dari ditangkap oleh lawan. Kegunaan dribbling antara lain mencari peluang menyerang, menerobos pertahanan lawan atau memperlambat laju permainan.

  1. Ambil dan lewati

Mengoper berarti mengoper atau memberikan bola kepada teman pada saat pertandingan bola basket. Menangkap, di sisi lain, mengacu pada menangkap bola basket tim atau lawan.

Umumnya, teknik ini melibatkan penggunaan satu atau bahkan dua tangan. Gerakannya harus cepat, tepat dan bertenaga, namun tidak gegabah agar teman yang menerimanya dapat menguasainya.

  1. Shooting

Teknik dasar berikut ini akan menentukan kemenanganmu. Hal ini membutuhkan ketelitian maksimal untuk membawa bola ke dalam ring. Untuk menjadi seorang penembak handal, pemain harus menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik, konsentrasi penuh dan tingkat kepekaan yang tinggi.

  1. baut

Dalam bola basket, istilah “pivot” mengacu pada gerakan memutar tubuh dengan satu kaki sebagai poros saat memegang bola basket.

Pemain harus menjaga posisi kaki (sumbu) tetap tidak berubah selama perputaran pin. Kalau bergerak, itu pelanggaran. Gerakan putarannya bisa mencapai hingga 380 derajat. Tujuan utama dari teknik ini adalah untuk mencegah bola jatuh ke tangan lawan.

  1. Refleksi

Pengertian defleksi adalah pemain menerima bola yang dibelokkan dan tidak masuk ring. Pemain yang biasa menyerang adalah mereka yang berada di posisi depan dan tengah atau pemain yang bertubuh lebih tinggi dari pemain lainnya. Bola basket adalah olahraga kardio yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *