BERITA TERBARU

Tips Agar Teknik Mudah Bermain Tenis Meja

TipsĀ  Agar Teknik Mudah Bermain Tenis Meja

Tips Agar Teknik Mudah Bermain Tenis MejaDi Indonesia, olahraga tenis meja atau yang biasa disebut dengan permainan pingpong yang sangat populer sekali dikalangan anak muda. Olahraga ini juga mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan ruangan yang luas untuk melatihnya. Namun bagi Anda yang baru ingin mencoba olahraga ini, perlu mengetahui trik dasar untuk mempraktikkannya.

Tenis meja memiliki beberapa metode dasar yang dapat anda terapkan untuk bermain. Supaya bisa bermain tenis meja dengan tehnik yang baik dan benar membutuhkan teknologi. Mempelajari metode dasar tersebut juga akan meminimalisir risiko cedera. Di bawah ini dibahas 10 teknik dasar tenis meja yang perlu di ketahui! Yuk, baca sampai akhir!

Teknik Memegang Bet (Grip)

Metode dasar pertama yang perlu di kuasai adalah memegang atau menggenggam grip. Ada tiga pilihan untuk teknik ini: genggaman tangan, genggaman serupa, dan genggaman pensil.

  1. Shakehand Grip

Shakehand grip juga disebut sebagai metode jabat tangan yang paling umum digunakan oleh beberapa pemain tenis meja. Cara ini memberikan kesempatan untuk melakukan pukulan backhand dengan mudah dan cepat.

Ketika menggunakan cara ini, Anda hanya perlu meletakkan tangan Anda pada pegangan grip seperti sedang berjabat tangan dan posisikan grip ke atas.

  1. Seemiller Grip

Teknik ini hampir mirip dengan teknik jabat tangan. Perlu anda lakukan hanyalah meletakkan jari telunjuk Anda pada bagian samping grip, seolah-olah jari telunjuk anda sedang memegang kepala grip, sedangkan posisi jari anda menyerupai jabat tangan.

  1. Penhold Grip

Metode ketiga yang bisa Anda gunakan adalah metode genggaman pena. Metode tersebut mengharuskan posisi tangan seperti memegang pensil. Untuk melakukan ini, Anda perlu memposisikan jari-jari Anda seolah-olah sedang memegang pena. Sedangkan kepala gripnya mengarah ke bawah.

Teknik postur

Metode dasar selanjutnya adalah postur.Ada dua sikap yang bisa Anda pelajari sebelum bermain tenis meja.

Side Stance

Dalam teknik ini tubuh diposisikan menyamping ke kiri atau ke kanan. Posisi ini biasanya berguna ketika menyerang.

Square Stance

Metode kuda-kuda memerlukan ketepatan posisi yang baik. Anda bisa memposisikan badan Anda di tengah menghadap net. Posisi ini sering kali berguna untuk memblokir dan membalikkan servis.

Metode gerakan kaki

Gerakan kaki harus menjadi pertimbangan penting karena mempengaruhi metode dan postur yang diinginkan. Berlatihlah menekuk kaki lalu menyeimbangkan berat badan pada masing-masing kaki.

Teknik Servis

Metode selanjutnya adalah menggambar. Melayani adalah hal pertama yang harus anda lakukan untuk memulai permainan tenis meja. Untuk menjalankan layanan dapat menggunakan cara berikut:

Saat melakukan servis, bola terletak di telapak tangan dan tidak bergerak.

Bola kemudian memantul tanpa putaran vertikal. Bola melompat setinggi kurang lebih 16 cm.

Lalu kemudian memukul setelah turun sebelum menyentuh meja untuk pertama kalinya.

Teknik serangan

Untuk mencetak poin dengan lebih mudah, Dapat menggunakan jurus serangan. Ada beberapa teknik serangan untuk bisa anda gunakan dalam permainan ini, yaitu:

Teknik Forehand Attack

Cara Forehand Attack ini dapat anda akukan dengan cara memukul bola secara kuat dari samping atau luar badan.

Teknik backhand Attack

Metode ini merupakan kebalikan dari serangan forehand. Pukul bola dengan keras dari dalam atau bawah dada dengan menggunakan teknik backhand attack.

Baca Artikel Lainnya: Tentang voli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *