Berenang sebuah olahraga yang sering diadakan dalam Olimpiade. Pada renang kompetitif, gaya serta kecepatan lebih dibutuhkan. Selain itu juga dibutuhkan teknik dasar renang yang benar.

Tekni renang kompetitif yakni gaya bebas, kupu-kupu, gaya dada, dan gaya punggung. Setiap perenang perlu memahami teknik dasar berenang. Perenang yang berhasil mendapatkan kemenangan adalah perenang yang paling cepat mencapai finish.

Untuk Anda yang ingin tahu cara berenang, maka Anda perlu memahami beberapa pemahaman dasar untuk olahraga ini. Berikut penjelasannya!

Teknik Dasar Renang Yang Perlu Anda Pelajari

Bila mau berlatih renang putaran, Anda harus menguasai beberapa teknik dasar. Teknik tersebut akan begitu berpengaruh bagi Anda bahkan dalam mempelajari gaya renang.

Teknik renang tersebut membutuhkan 3 pemahaman dasar yakni pernapasan, meluncur dan berenang.

Baca juga: Olahraga bagus untuk dirumah

Pernapasan

Salah satu keberhasilan dalam berenang yakni bisa mengatur pernapasan secara baik dan lancar. Pertama, berdirilah rendah pada tepi kolam serta jaga wajah agar tetap pada permukaan air.

  • Tarik napas melewati mulut lalu tahan napas beberapa waktu. Selanjutnya turunkan kepala Anda ke dalam air serta buang napas melewati hidung.
  • Lakukan latihan tersebut dengan pelan 10 sampai 15 kali sesudah setiap gerakan atau latihan.
  • Ulangi latihan tersebut hingga mendapatkan ritme Anda.

Meluncur

Teknik meluncur melibatkan pergerakan tubuh secara horizontal pada bawah permukaan air.

  • Rapatkan satu kaki (kanan atau kiri), jari kaki ke bawah, bagian dinding kolam untuk titik awal teknik pelepasan air.
  • Berikutnya, regangkan tubuh sebisa mungkin dengan menekan kaki, cobalah untuk bergerak kedepan sejauh mungkin serta letakkan tangan sejajar di depan.
  • Pastikan kepala ada pada bawah air serta telinga selaras dengan bahu.
  • Terakhir, ikuti gerakan ini sebanyak 10 sampai 15 kali untuk mendapatkan keseimbangan tubuh.

Berenang

Teknik berenang senantiasa melibatkan pergerakan mundur sampai telinga Anda terendam air. Selanjutnya rentangkan kedua lengan sampai tercipta sudut siku-siku.  Tetapi pergelangan tangan harus terus lurus dan rileks.

Itulah dasar-dasar melakukan olahraga renang bagi pemula. Pastikan Anda mengikuti cara yang kami berikan dalam ulasan ini supaya agar lebih cepat memahami cara berenang dengan benar.

Baca juga artikel lainnya: Tehnik Dasar Voli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here