BERITA TERBARU

Serangan Israel-Palestina Mengancam Pembatalan F1 Abu Dhabi 2023

F1 Abu Dhabi 2023

Balapan F1 Abu Dhabi 2023 disebut-sebut terancam batal setelah serangan Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza. Alasannya, Uni Emirat Arab (UEA) memiliki hubungan dekat dengan Israel, yang dapat membuatnya menjadi target serangan.

Menurut laporan dari Motorsport Magazine pada hari Kamis 11 Februari, tim-tim Formula 1 saat ini sedang mempertanyakan keselamatan dan keamanan Grand Prix Abu Dhabi 2023, yang akan berlangsung pada tanggal 24-26 November 2023.

Hal ini karena mereka khawatir bahwa serangan Israel terhadap warga Palestina akan menarik negara-negara tetangga dan faksi-faksi dan bahwa UEA, termasuk Abu Dhabi, akan menjadi target serangan.

Ketegangan Pergelaran F1 Abu Dhabi 2023

Para pejabat menyatakan bahwa mereka terus memeriksa keadaan saat ini. Namun, masalah ini sebenarnya telah dibahas secara singkat di Grand Prix AS 2023 dua minggu lalu, ketika salah satu perwakilan tim menanyakan soal risiko pegelaran di Srikuit Yas Marina selama rapat bersama pejabat Formula 1.

Setelah itu, mereka diberitahu bahwa tingkat ancaman yang ada saat ini tidak dianggap sebagai bahaya yang signifikan. Akibatnya, balapan akan tetap berlangsung pada 26 November mendatang seperti yang di jadwalkan.

Namun, setelah serangan Hamas ke Israel awal bulan ini, pemerintah UEA saat ini mempertimbangkan kemungkinan konflik menyebar ke luar Gaza. Akibatnya, Grand Prix Abu Dhabi 2023 bisa jadi akan di batalkan.

Kebetulan, AS sedang bergegas untuk memperkuat pertahanan udara di sekitar instalasi militer di UEA. Salah satunya adalah pangkalan udara Al Dhafra, 48 km dari Sirkuit Yas Marina.

Tahun lalu, Houthi meluncurkan dua rudal balistik ke arah pangkalan udara Al Dhafra. Namun, serangan ini berhasil di cegat oleh AS.

Aksi terbaru ini terjadi seminggu setelah serangan pesawat tak berawak di sebuah depot penyimpanan minyak di Abu Dhabi, yang menewaskan tiga orang, dan bandara internasional yang berdekatan dengan Yas Marina, yang menyebabkan kebakaran.

Akhir tahun lalu, serangan Houthi terhadap fasilitas minyak Arab Saudi pada akhir pekan Grand Prix Formula 1 hampir membuat balapan di batalkan karena pertemuan para pembalap yang tegang.  Jika situasi meningkat, balapan di Abu Dhabi juga dapat menjadi perhatian dan penerbangan di wilayah tersebut dapat terganggu.

FAQ

Kapan F1 Abu Dhabi di gelar?

Berlangsung pada 26 November mendatang seperti yang di jadwalkan.

Siapa pemegang klasemen sementara Formula 1 2023?

Max Verstappen dari Red Bull merupakan pemimpin klasemen sementara dengan 549 poin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *