BERITA TERBARU

Sejarah Olahraga Bola Basket Di Indonesia

James Naismith dari Kanada ditugaskan untuk menciptakan permainan dan aktivitas olahraga yang mengatasi kebosanan siswa selama liburan sekolah.

Anak-anak tidak boleh bermain di luar ruangan karena liburan mereka jatuh pada musim dingin. dr.James Naismith sangat ingin menemukan solusi yang memungkinkannya mengembangkan permainan.

Dr. James Naismith, dengan kecerdasan dan imajinasinya, menemukan dan mengembangkan permainan olahraga bola basket, terinspirasi oleh aktivitas bermainnya saat masih kecil di Ontario. Ketika dia masih kecil, dia sangat menikmati permainan bola. Ambil bolanya, pukul dan tangkap.

Olahraga

Hal tersebut menyebabkan munculnya olahraga yang disebut bola basket, dimainkan di dalam ruangan dan disesuaikan untuk siswa pada musim dingin. Pada tanggal 15 Desember 1891, di Massachusetts, AS, Dr. James Naismith mendirikan dan merumuskan aturan-aturan permainan bola basket.

Pada awalnya, permainan ini melibatkan dua tim yang terdiri dari sembilan pemain masing-masing. Namun, Dr. James Naismith mengembangkan aturan dan durasi permainan yang masih di gunakan hingga saat ini.

Sejarah Olahraga Bola Basket Di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang sangat menyukai permainan bola basket. Para perantau dari Cina yang sebelumnya sudah mengenal permainan tersebut memperkenalkan permainan bola basket di Indonesia pada awal tahun 1920.

Setelah tiba di Indonesia, para perantau Cina mulai bermain permainan ini. Meskipun awalnya hanya di mainkan dalam komunitas  perantau Cina, para imigran Tionghoa juga mendirikan sekolah-sekolah khusus Tionghoa yang mewajibkan siswa-siswanya untuk bermain basket. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian besar pemain basket di Indonesia berasal dari sekolah-sekolah Tionghoa.

Bola basket populer di Indonesia pada tahun 1930-an karena sering dimainkan oleh pendatang Tionghoa, dan permainan ini menjadi populer di Indonesia setelah merdeka.

Berdasarkan catatan sejarah, pertandingan bola basket pertama kali di buat secara nasional pada Pekan Olahraga Nasional Pertama (MON I) di Solo, Jawa Tengah. Meskipun saat ini bola basket belum menjadi olahraga nasional utama di Indonesia.

Salah satu pertandingan bola basket yang memiliki nilai sejarah yang tinggi terjadi antara Rajawali Jakarta dan Selamat Sinar Surya Yogyakarta. Pertandingan ini merupakan kompetisi bola basket yang pertama kali di adakan di Indonesia. Pebasket berbakat Indonesia lahir dari sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *