Proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On diperkirakan akan segera selesai. Ini dikatakan Arya Sinulingga, anggota Exco PSSI. Media melaporkan, Senin (12 November 2023), bahwa PSSI saat ini hanya menunggu kembalinya Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On ke Indonesia.

Dua pemain berdarah Indonesia saat ini bermain untuk klub asing. Jay Idzes bermain untuk Venezia FC di Italia, dan Nathan Tjoe-A-On bermain untuk Swansea City di Inggris.

Proses Naturalisasi

Sebelumnya, prosedur naturalisasinya telah disetujui oleh Komisi III dan komisi yang sama, yang nantinya bakal dituangkan dalam keputusan presiden (Kepres). Setelah itu, Anda akan mengucapkan Sumpah Kewarganegaraan Indonesia (WNI), dan kemudian Anda akan mendapatkan paspor dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Arya Sinulingga menyatakan, “Saat ini kami menunggu keberangkatan Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On ke Indonesia untuk diambil sumpahnya.”

Pak Arya pun menyampaikan terima kasih atas nama PSSI kepada DPR RI, Sekretaris Negara, dan Presiden Joko Widodo yang telah sigap memproses dokumen naturalisasi kedua atlet tersebut.

Arya menyatakan, “Kami berharap Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On bisa segera berangkat ke Indonesia untuk melakukan proses lebih cepat.”

Setelah KTP dan paspor di buat, asosiasi sepak bola kedua pemain sebelumnya, dalam hal ini KNVB (Asosiasi Sepak Bola Belanda), akan di minta untuk mengirimkan surat transfer dari asosiasi tersebut ke FIFA. Begitu pula dengan PSSI, yang juga bahkan mengirimkan surat serupa kepada FIFA terkait hal tersebut.

Baca artikel lainnya: Lewis Hamilton Mengkritik Sebelum Meninggalkan Trofi di FIA Gala 2023

Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On dapat bergabung dengan tim nasional Indonesia setelah proses transfer asosiasi selesai.

“Sama seperti Justin Hubner, semuanya sudah final dan saat ini dia sedang menunggu surat dari ketua asosiasi kepada FIFA. Selain itu, kami telah mengirimkan surat,” kata Arya Sinulingga.

Meskipun demikian, Arya enggan mengungkapkan apakah kedua pemain tersebut masih terdaftar di Piala Asia 2023. Dengan demikian, masa registrasi pemain untuk Piala Asia 2023 berakhir pada Minggu (12 Oktober 2023).

FAQ

Kapan naturalisasi Jay Idzes dan Tjoe-A-On?

Prosedur naturalisasinya telah di setujui oleh Komisi III dan komisi yang sama, yang nantinya akan di tuangkan dalam keputusan presiden (Kepres).

Apakah Jay Idzes dan Tjoe terdaftar di Piala Asia 2023?

Arya Sinulingga, belum dapat memberitahukan kedua pemain tersebut masih terdaftar di Piala Asia 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here