Novak Djokovic merupakan petenis tunggal putra yang akan meraih hasil spektakuler di musim 2023. Ia telah mengikuti 12 turnamen ATP tahun ini dan memiliki rekor 54 kemenangan dan 6 kekalahan.

Petenis berusia 36 tahun itu juga berhasil meraih tujuh gelar juara, tiga di antaranya turnamen tenis Grand Slam, yakni Australia Terbuka, Prancis Terbuka, dan AS Terbuka.

Memenangkan tiga turnamen Grand Slam dalam satu tahun kompetitif sebenarnya bukan hal baru bagi Novak Djokovic. Hal serupa sudah pernah dilakukan petenis kelahiran Serbia itu pada 2011, 2015, dan 2021. Tahun ini, Novak Djokovic sebenarnya nyaris meniru prestasi Rod Laver yang menjuarai empat turnamen tenis Grand Slam pada musim 1969.

Gelar Novak Djokovic

Sayangnya, upaya Novak Djokovic meraih empat gelar Grand Slam tahun ini gagal karena kalah dari Carlos Alcaraz di final. Wimbledon 2023. Namun memenangkan tiga gelar Grand Slam lagi di musim 2023 sudah cukup untuk mengukuhkan Djokovic sebagai petenis tunggal terhebat sepanjang masa.

Dengan 24 trofi, pria yang di kenal dengan nama Nole ini saat ini menjadi pemain tunggal putra yang paling banyak meraih kemenangan di turnamen besar di dunia. Ia mulai memperlebar jarak dengan rival terdekatnya, Rafael Nadal, namun Nadal gagal menambah koleksi gelar tahun ini dan masih tertahan di 22 trofi.

Sementara itu, Novak Djokovic menjadi satu-satunya petenis yang meraih gelar Grand Slam terbanyak sepanjang sejarah, bersama Margaret Court. Margaret Court aktif bermain tenis dari tahun 1960 hingga 1973, memenangkan 24 kejuaraan tunggal putri Grand Slam.

Jika tetap konsisten, Nole berpeluang menambah koleksi gelar Grand Slamnya di tahun 2024 dan mengukuhkan dirinya sebagai petenis tunggal terhebat sepanjang masa. Selain meraih trofi, reputasi Novak Djokovic di musim 2023 juga terlihat dari sederet rekor yang ia torehkan di peringkat dunia ATP.

Nole memulai musim 2023 di peringkat 5 ATP Rankings. Ia kemudian langsung memimpin setelah menjuarai Australia Terbuka 2023. Sejak itu, posisi Nole di peringkat ATP berfluktuasi akibat dinamisnya persaingan di tunggal putra.

Djokovic akhirnya kembali menduduki peringkat 1 dunia di tunggal putra untuk pertama kalinya sejak 11 September 2023, atau sejak kemenangannya di AS Terbuka. Ia pun mampu mempertahankan posisinya di puncak hingga akhir musim.

FAQ

Berapa kali Novak Djokovic berhasil menjadi juara?

Ia telah memiliki 24 gelar Grand Slam tunggal putra.

Berapa hadiah juara Grand Slam?

Hadiah Grand Slam US Open Tahun Ini Mencapai Rekor Baru Sebesar Rp 890 Miliar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here