Menyegarkan tenggorokan dengan minum air dingin setelah olahraga memang terasa nikmat. Tapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini ternyata bisa berbahaya?

Mitos atau Fakta?

Air Dingin dapat Menurunkan Suhu Tubuh dengan Cepat

Banyak orang beranggapan bahwa minum air dingin setelah berolahraga dapat memperlambat pemulihan tubuh dan mengganggu pencernaan. Benarkah demikian?

Faktanya, minum air dingin setelah berolahraga tidak secara langsung berbahaya bagi tubuh. Tubuh yang baru saja berolahraga memang membutuhkan hidrasi, dan air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat.

Ini Bahaya Minum Air Dingin Setelah Olahraga!

Suhu Dingin pada Air dapat Memicu Kram Perut
  • Minum air es (terlalu dingin) dapat menyebabkan kram otot dan mengganggu penyerapan air. Suhu air yang sangat dingin dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar perut menyempit, sehingga aliran darah ke otot berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kram otot dan rasa tidak nyaman.
  • Suhu air yang terlalu dingin juga dapat memicu kram perut dan sensasi tidak nyaman di pencernaan. Air dingin dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan perut kembung, mual, dan diare.
  • Minum air dingin secara berlebihan setelah berolahraga justru dapat membuat Anda merasa lebih haus karena tubuh berusaha menghangatkan air tersebut. Ketika Anda minum air dingin, tubuh Anda akan menggunakan energi ekstra untuk menghangatkan air tersebut hingga mencapai suhu tubuh. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih haus dan dehidrasi.

Air Putih dengan Suhu Ruangan : Pilihan Tepat

Alih-alih air dingin, pilihlah air putih dengan suhu ruangan atau air hangat setelah berolahraga. Air dengan suhu ini lebih mudah diserap tubuh dan tidak menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Manfaat Minum Air Putih Setelah Olahraga

Minum Air Putih dengan Suhu Ruangan atau Suhu Biasa dapat Membantu Pemulihan Otot dan Mencegah Dehidrasi
  • Membantu pemulihan otot: Air putih membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke
    otot-otot yang lelah, sehingga membantu proses pemulihan.
  • Mencegah dehidrasi: Olahraga dapat menyebabkan dehidrasi karena tubuh mengeluarkan banyak keringat. Minum air putih membantu menggantikan cairan yang hilang dan menjaga tubuh terhidrasi.
  • Meningkatkan performa olahraga: Dehidrasi dapat menurunkan performa olahraga. Minum air putih yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga dapat membantu Anda berolahraga lebih optimal.

Tips Minum Air Setelah Olahraga

Minumlah Air secara Perlahan dan Sedikit demi Sedikit setelah Berolahraga
  • Minumlah secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Hal ini untuk menghindari kram perut. Minumlah segelas air setiap 15-20 menit, daripada langsung minum banyak air dalam sekali waktu.
  • Dengarkan tubuh Anda. Jika merasa tidak nyaman setelah minum air dingin, hentikan dan beralih ke air hangat. Perhatikan sinyal tubuh Anda dan minumlah sesuai kebutuhan.
  • Perhatikan juga intensitas olahraga. Jika Anda berolahraga dengan intensitas tinggi dan berkeringat banyak, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak air untuk rehidrasi. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter olahraga untuk mengetahui kebutuhan air yang tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Minum air dingin setelah berolahraga boleh saja dilakukan, asalkan tidak berlebihan dan suhunya tidak terlalu dingin. Air putih dengan suhu ruangan atau air hangat tetaplah pilihan terbaik untuk rehidrasi setelah berolahraga.

Ingatlah untuk selalu mendengarkan kebutuhan tubuh Anda dan minum air secukupnya untuk menjaga kesehatan.

Penulis : Erni Septiani

Publikasi : World Lion Championship – Berita Seputar Olahraga dan Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here