BERITA TERBARU

Menjaga Kesehatan Usia Lansia Dengan Tepat dan Benar

Kesehatan Usia Lansia

Jika Anda sudah lanjut usia atau sudah memasuki tahapan lansia, pasti ingin menjaga kesehatan usia lansia. Sayangnya, menjaga kesehatan lansia tidaklah mudah. Mengingat kondisi fisik lansia sangat sensitif terhadap berbagai jenis penyakit, maka banyak tantangan yang perlu diatasi.

Tidak dapat disangkal bahwa seiring bertambahnya usia, tubuh kita mengalami berbagai perubahan. Proses ini disebut penuaan, dan perubahan yang Anda rasakan memengaruhi setiap bagian tubuh Anda. Mulai dari kulit kering dan rawan keriput hingga uban hingga perubahan organ dalam.

Organ tubuh pertama kali mengalami proses penuaan adalah jantung dan pembuluh darah. Dinding pembuluh darah, baik vena maupun arteri menjadi kaku.

Hal ini menimbulkan resistensi yang lebih besar, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke pembuluh darah. Hal ini membuat orang lanjut usia lebih rentan terkena tekanan darah tinggi, darah tinggi, dan berbagai penyakit jantung lainnya.

Selain itu, orang lanjut usia lebih mungkin mengalami masalah keseimbangan. Oleh karena itu, tetap ada risiko terjatuh meski melakukan aktivitas sehari-hari di rumah. Bagi lansia, jatuh dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti patah tulang, infeksi, dan kecacatan.

Tips Menjaga Kesehatan Pada Usia Lansia

Tubuh lansia yang “unik” memerlukan cara khusus agar tetap sehat. Berikut beberapa langkah untuk dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan lansia.

  1. Kebiasaan makan sehat

Orang dewasa yang lebih tua dianjurkan untuk mengonsumsi makanan utuh kaya serat, seperti berbagai buah-buahan dan sayuran serta biji-bijian. Hindari makanan instan, makanan terlalu asin atau manis, dan makanan mengandung lemak.

  1. tetap aktif

Usahakan untuk menggerakkan tubuh Anda setidaknya selama 30 menit sehari. Tidak harus melakukannya sekaligus, Anda bisa membaginya menjadi 10 menit di pagi hari dan 20 menit di sore hari.

Aktivitas fisik dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, dan senam. Latihan aerobik seperti itu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Istirahat yang cukup

Insomnia adalah masalah umum yang terjadi pada orang lanjut usia. Orang yang usianya sudah tidak muda lagi kerap mengeluhkan gangguan tidur dan mudah terbangun di malam hari. Padahal, tidur nyenyak menjamin suasana hati yang baik, sel-sel tubuh beregenerasi, dan organ-organ tubuh tetap berfungsi maksimal.

FAQ

Apa nutrisi khusus, terutama pada lansia?

Orang lanjut usia juga perlu mengonsumsi berbagai makanan mengandung vitamin B12.

Apa tujuan kebutuhan nutrisi lansia?

Nutrisi yang tepat memperkuat sistem kekebalan tubuh, melawan racun penyebab penyakit, dan menjaga berat badan pada orang lanjut usia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *