Lewis Hamilton menarik perhatian pada Jumat (12/8/2023) saat menghadiri upacara penghargaan berbagai balapan mobil FIA. Ajang yang digelar di Baku, Azerbaijan ini dihadiri Lewis Hamilton yang menerima penghargaan peringkat ketiga klasemen akhir F1 2023.

Ini adalah pertama kalinya Lewis Hamilton menghadiri upacara penghargaan FIA atau di kenal dengan FIA Gala. Dua tahun lalu, Hamilton duduk sebagai ekspresi kekecewaannya karena merasa mendapat sanksi dari keputusan direktur balapan FIA yang membuatnya tidak bisa menjadi juara dunia F1 pada 2021.

Baca artikel lainnya: Old Trafford Hancur, Man United Dihancurkan Bournemouth

Permasalahan FIA Gala 2023

Sementara pada edisi 2022, juara dunia F1 tujuh kali itu tidak mendapat undangan karena finis di urutan keenam klasemen akhir. Setelah absen selama dua tahun, Hamilton kembali hadir di acara penghargaan FIA.

Namun, pengemudi Mercedes itu tidak datang dalam suasana hati yang baik. Acara belum di mulai dan orang Inggris itu mengkritik keputusan FIA yang kembali mengadakan gala di luar Eropa. Keputusan menggelar gala di Azerbaijan yang memaksa para undangan harus bepergian dengan pesawat membuat Hamilton mempertanyakan komitmen FIA terhadap konsep keberlanjutan.

Oleh karena itu, para tamu undangan yang sebagian besar berasal dari Benua Biru harus mengeluarkan banyak tenaga ketimbang harus menghadiri pesta di Eropa seperti yang mereka lakukan pada edisi 2019-2022.

“Saya suka Baku, tapi saya bertanya-tanya apakah FIA benar-benar memikirkan konsep keberlanjutan,” ujarnya.

Banyak sekali orang terbang ke sini. Faktanya, markas FIA ada di Paris, jadi sepertinya mudah untuk tetap mengadakan acara di sana. Seolah belum cukup, Lewis Hamilton pun menyoroti sikap negatif FIA terhadap Toto Wolff dan Susie Wolff di kesempatan lain.

Beberapa hari menjelang FIA Gala 2023, dunia F1 sempat gempar ketika FIA mengumumkan rencana investigasi Toto Wolff dan Susie Wolff atas kemungkinan konflik kepentingan. FIA melakukan penyelidikan setelah media memberitakan bahwa kepala eksekutif akademi F1 Susie Wolff telah berbagi informasi dengan kepala tim Mercedes Toto Wolff.

FAQ

Apa permasalahan yang terjadi di FIA Gala 2023?

Dikarenakan FIA mengadakan gala di luar Eropa dan sikap negative FIA terhadap Toto Wolff dan Susie Wolff.

Siapa juara F1 2023?

Max Verstappen sukses menjadi juara F1 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here