Jonathan Christie mengatasi persaingan ketat di Grup B divisi tunggal putra untuk mencapai semifinal World Tour Finals BWF 2023 dengan dramatis. Sebelumnya, Jonathan Christie berhasil lolos dari dua laga awal Grup B dengan kemenangan beruntun atas Kunravut Vitidsaan (Thailand) dan Anders Antonsen (Denmark).

Hasil ini membuat Jonatan Christie hanya membutuhkan satu pertandingan untuk mendapatkan tiket ke babak semifinal atas kemampuannya sendiri melawan Li Shifeng (China) pada Jumat (15/12/2023), yang berarti hanya sekedar pertandingan.

Namun, salah satu pemain tunggal terbaik Indonesia justru kalah di laga kedua berturut-turut dari Li Shifeng dengan skor akhir 13-21, 18-21.

Persaingan Ketat Dengan Tim Lawan

Situasi semakin rumit di laga sebelumnya, Anders Andersen berhasil mengalahkan Kunravut Vitidosan dengan skor akhir 21-16, 21-11. Grup B masih menemui jalan buntu, dengan Jonathan Christie, Li Shifeng dan Anders Antonsen semuanya berakhir dengan 2 kemenangan dan 1 kekalahan, dengan rasio head-to-head 4:2.

Baca artikel lainnya: Selamat Dari Grup Mengerikan, Kylian Mbappe Jadi Runner-Up

Menurut aturan BWF, jika dua atau lebih peserta dalam suatu pertandingan grup berakhir pada hasil yang sama dan selisih permainan yang sama. Peringkat mereka akan ditentukan berdasarkan persentase skor mereka.

Dari keputusan tersebut, Anders Antonsen dan Jonathan Christie akhirnya lolos Grup B di babak semifinal BWF World Tour Finals 2023. Anders Antonsen menjadi juara Grup B dengan skor 118-99 (+19), dan  Jonatan Christie di posisi kedua dengan skor 115-102 (+13).

Sebaliknya Li Shi Feng harus puas berada di posisi ke-3 Grup B. Karena perolehan poin mereka hanya 115 berbanding 111 (+4). Jonatan pun bersyukur bisa lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2023, meski dari cara yang dramatis.

Lebih lanjut, ia juga merasa kurang tampil maksimal di laga terakhirnya. “Pertama-tama, saya bersyukur kepada Tuhan karena saya bisa lolos ke semifinal. Tapi saya cukup puas pada penampilan hari ini,” kata pria yang baru lajang itu.

“Ini adalah pertama kalinya saya mencoba Lapangan 1, namun butuh beberapa saat bagi saya untuk terbiasa pada kecepatan shuttle, yang jauh lebih lambat dibandingkan Lapangan 2.”

FAQ

Kapan semifinal Jojo di World Tour Finals BWF 2023?

Jojo akan berlaga hari ini pada pukul 09.00 WIB.

Siapa lawan jonatan di semifinal?

Andalan dari tuan rumah Shi Yu Qi (China) akan menjadi lawan jojo di ajang semifinal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here