Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang kerap menimbulkan kontroversi, salah satunya adalah pertandingan internasional yang melibatkan timnas Indonesia.

Pada Piala AFF atau Piala Harimau 1998, terjadi pertandingan kontroversial timnas Indonesia. Pada laga final Grup A, tim Indonesia dan Thailand yang saling berhadapan memainkan permainan kontroversial yang di sebut sepak bola gajah. Kedua tim tidak bermain serius untuk menghindari menghadapi Vietnam. Puncaknya, pemain internasional Indonesia Mursyid Effendi sengaja mencetak gol bunuh diri sehingga membuat timnya kalah 3-2 dari Thailand.

Sepak Bola

Atas gol bunuh diri dan tendangan gajah ini, Indonesia dan Thailand didenda US$40.000 dan Mursyid Effendi dilarang mengikuti event internasional seumur hidup.

Pertandingan tersebut kemudian digambarkan oleh media asing The Peninsula Qatar sebagai salah satu pertandingan paling kontroversial. Menurut pemberitaan media, apa saja pertandingan sepak bola kontroversial lainnya?

1.    Timnas Sepak Bola Barbados vs Grenada

Pada tahun 1994, selama Piala Karibia, dua tim, Barbados dan Grenada, saling berhadapan di pertandingan terakhir Grup 1.

Di laga terakhir, Barbados harus menang dengan selisih dua gol untuk lolos ke babak kedua. Sayangnya harapan itu pupus saat laga hampir berakhir 2-1.

Ketika Barbados menyadari bahwa dalam kasus ini gol emas di perpanjangan waktu bernilai dua gol, pemain Terry Sealey mencetak gol bunuh diri dan skor menjadi 2-2 di waktu reguler.

Sadar akan aksi Barbados,

Grenada berniat memanfaatkan gol bunuh diri dan membawa lawannya unggul 3-2. Namun Barbados bertahan efektif ke gawang lawan dan skor tetap bertahan 2-2.

Alhasil, pertandingan di lanjutkan ke perpanjangan waktu. Pada babak luar biasa tersebut, Barbados berhasil mencetak satu gol dan kemudian menang 4-2 karena aturan gol emas bernilai dua gol.

2.    Jerman vs Austria

Kontroversi tidak hanya muncul di pertandingan klub, tapi juga di event seperti Piala Dunia, khususnya tahun 1982 saat Jerman Barat bermain melawan Austria.

Dalam pertandingan yang di kenal sebagai “Aib Gijón”, Jerman Barat dan Austria bersekongkol untuk mencegah Aljazair lolos ke babak penyisihan grup melawan Chile.

Sebelum laga ini, Aljazair harus memastikan posisi kedua di klasemen dan berharap Jerman bermain imbang atau kalah melawan Austria agar bisa lolos ke babak 16 besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here