Olahraga. Beberapa faktor bisa mempengaruhi bahaya terdapat hipertensi. Salah satunya adalah gaya hidup aktif atau aktivitas fisik yang intens. Pengaruhnya terhadap tekanan darah tidak hanya sekedar mencegah hipertensi. Bagi Anda yang menderita darah tinggi, berbagai jenis aktifvitas untuk darah tinggi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Jika Anda melakukan olahraga ini secara teratur dan memadukannya dengan gaya hidup sehat, mungkin tidak memerlukan obat dari dokter lagi. Pengaruh aktivitas fisik terhadap hipertensi sangatlah penting.

 

Aktivitas fisik yang teratur melalui olahraga dapat menguatkan jantung. Ketika jantung kuat, organ ini dapat bekerja lebih efisien dan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini memungkinkan tekanan pada dinding arteri Anda menurun dan tekanan darah Anda turun.

Gaya hidup seperti olahraga teratur untuk mengatasi hipertensi dapat membantu menurunkan tekanan sistolik hingga 9 mmHg. Selain secara langsung mencegah dan mengobati tekanan darah, rutin melakukan berbagai jenis aktivitas untuk tekanan darah tinggi juga membantu mengontrol berat badan. Ini juga merupakan faktor risiko hipertensi.

Jenis Olahraga Bermanfaat Bagi Penderita Hipertensi

1.      Olahraga Jalan kaki atau joging

Jalan kaki merupakan salah satu jenis aktivitas kardiovaskular atau aerobik yang membantu menurunkan hipertensi. Agar kaki Anda bermanfaat bagi kesehatan jantung, disarankan untuk berjalan lebih cepat dari biasanya. Ini akan membantu meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan Anda, sehingga jantung Anda dapat berfungsi lebih optimal melalui darah Anda. Anda juga dapat meningkatkan kecepatan dan berlari.

2.      Olahraga Bersepeda

Aktivitas tersebut yakni salah satu aktivitas yang bahkan cocok bagi penderita hipertensi. Bersepeda, baik di luar ruangan maupun dengan sepeda stasioner, merupakan salah satu latihan kardio yang meningkatkan detak jantung.

Seperti jalan cepat atau jogging, bersepeda selama 10 menit secara aktif merangsang jantung bekerja lebih efisien dan pada akhirnya mempercepat proses pemompaan darah ke seluruh tubuh, sehingga pada akhirnya membantu menurunkan tekanan.

3.     Olahraga Lompat tali

Latihan kardio lain yang baik untuk penderita hipertensi adalah lompat tali. Anda bisa menggunakan latihan kardio sebagai alternatif bersepeda, jogging, atau lari. Disarankan untuk melakukan latihan kardio selama 150 menit per minggu untuk olahraga sedang dan 75 menit per minggu untuk intensitas berat. Durasi pelatihannya bisa 30 menit per hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here