Pemain blasteran Indonesia-Belanda, Jay Idzes, mengungkapkan ambisinya untuk segera mendapatkan kewarganegaraan Indonesia (WNI). Seperti di ketahui, Jay Idzes merupakan salah satu pemain yang saat ini sedang menjalani proses naturalisasi oleh PSSI, bersama dengan pemain Swansea City, Nathan Joye Aon.

Pemain yang saat ini memperkuat klub Italia, Venezia tersebut juga mengaku sudah tidak sabar untuk bisa membela Timnas Indonesia. Hal itu ia ungkapkan dalam sebuah wawancara dengan mantan klubnya, Go Ahead Eagles.

Impian Jay Idzes

Kebetulan, pemain berusia 23 tahun tersebut memang pernah memperkuat Go Ahead Eagles untuk musim 2020-2023. Ia tampil sebanyak 84 kali untuk klub Belanda tersebut di ajang Eredivisie dengan mencetak dua gol.

Ia juga merupakan salah satu pemain paling diandalkan di Venesia sampai ia didiagnosis menderita trombosis vena dengan emboli paru mikro pada Oktober lalu. Hal ini mengakibatkan ia harus absen lama, yang berakhir dengan hasil imbang tanpa gol melawan Brescia pada 23 September 2023. Namun, ia kini telah pulih dan kembali berlatih.

Jay Izz, di kutip dari laman resmi Go Ahead Eagles, mengatakan, “Semoga dia akan segera siap untuk pertandingan berikutnya”.

Kembali lagi ke Timnas Garuda, pemain yang memiliki keturunan Indonesia dari nenek ibunya ini mengaku ia dan pihak PSSI sudah membicarakan untuk membela Timnas Garuda pada September 2023. Menurutnya, rencana masa depan Timnas yang di paparkan PSSI sangat menjanjikan.

“Saya sudah naturalisasi dan saya sangat menantikan pertandingan internasional pertama saya. Tentu saja, Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan populasi sekitar 270 juta jiwa, namun bukan negara yang memiliki kekuatan sepak bola. Sebagai contoh, Indonesia belum pernah bermain di Piala Dunia,” ujar Jay Idzes.

Ia juga mengatakan bahwa tim nasional saat ini mengalami kemajuan. Dan jika semakin banyak anggota seangkatannya ingin membela timnas Indonesia, efek domino bisa saja terjadi, seperti yang terjadi pada Maroko, berhasil mencapai semifinal Piala Dunia 2022.

“Semakin banyak pemain yang memilih untuk memperkuat tim nasional mereka, prestasi mereka akan meningkat, membuat mereka lebih menarik bagi lebih banyak pemain.”

FAQ

Siapakah Jay Idzes?

Jay Idzes merupakan pemain blasteran Indonesia-Belanda yang saat ini memperkuat klub Italia tepatnya Venezia.

Apakah Jay Idzes akan bermain di timnas Indonesia?

Ia dan pihak PSSI sudah membicarakan untuk membela Timnas Garuda pada September 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here