Di bulan Februari, hampir tidak ada hari tanpa hujan. Karena cuacanya panas, hujan sering terjadi pada sore atau malam hari, dan bahkan bisa turun sepanjang hari dari pagi hingga malam. Saat musim hujan ini, kita harus lebih berhati-hati untuk menjaga kesehatan kita karena penyakit seperti flu, batuk, dan pilek lebih mudah menular.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan?

  1. Periksa nutrisi Anda

Untuk menjaga daya tahan tubuh, makanan bergizi seperti sayur dan buah sangat membantu. Menurut pedoman gizi Kementerian Kesehatan RI, sarapan pagi adalah kegiatan makan yang dilakukan sejak bangun tidur hingga pukul 9:00 pagi untuk memenuhi sebagian dari kebutuhan gizi harian, terutama antara 15 dan 30 persen.

Ini dilakukan agar kehidupan menjadi lebih sehat, aktif, dan produktif. Untuk menghindari infeksi seperti flu dan diare, berhati-hatilah saat mengonsumsi probiotik. Makanan atau minuman yang mengandung probiotik, seperti yogurt, tahu, tempe, atau sayuran yang difermentasi, dapat membantu menjaga saluran usus tetap sehat dan membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik.

  1. Minum lebih banyak air

Banyak manfaat minum air putih. Fungsi normal tubuh Anda sangat di bantu oleh air, seperti menjaga suhu tubuh, mengirim nutrisi ke seluruh tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh tidak mudah terserang penyakit jika semua fungsinya berjalan lancar. Per hari, Anda harus minum 8 gelas atau 2 liter air putih.

  1. Berolahragalah dengan giat

Karena musim hujan, kita harus tetap berolahraga agar tetap bugar. Jika hujan, latihan dapat di lakukan di dalam ruangan. Untuk mengaktifkan sel darah putih (leukosit), latihan 30 menit sudah cukup. Buku Medical Physiology karya Guyton dan Hall menyatakan bahwa sel darah putih berfungsi untuk melindungi area tubuh yang mengalami peradangan dengan cepat dan kuat.

  1. Cegah flu dengan vaksinasi

Saat ini Anda harus tetap makan makanan yang sehat, berolahraga, dan tidur dengan cukup. Salah satu cara untuk menghindari flu adalah dengan di vaksinasi. Studi menunjukkan bahwa vaksinasi mengurangi risiko terkena flu secara umum dan risiko penyakit parah jika Anda terinfeksi. CDC menyarankan agar setiap orang yang berusia di atas enam bulan di vaksinasi flu. Mengidap flu menyebabkan gemetar, kepala berat, dan lendir berlimpah dari hidung, terutama saat beraktivitas.

FAQ

Kenapa tubuh mudah sakit ketika musim hujan?

Satu di antara penyebab Anda sakit saat musim hujan adalah kurangnya paparan sinar matahari.

Mengapa mandi hujan sering membuat sakit?

Ini karena air cenderung menurunkan suhu tubuh dan melemahkan sistem kekebalan kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here