Gol Pertama Mbappe di Euro

Mbappe Cetak Gol Pertama di Euro 2024

Penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe, mencetak gol melalui titik penalti pada menit ke-56 dalam pertandingan melawan Polandia pada laga ketiga Grup D Euro 2024. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion BVB Dortmund, Jerman, pada Rabu (26/6) dini hari WIB. Ini menjadi gol pertama Mbappe di ajang Euro, mengingat pada Euro 2020 lalu, pemain berusia 25 tahun ini tidak berhasil mencetak gol.

Mbappe berhasil mengonversi penalti setelah rekan setimnya, Ousmane Dembele, dilanggar oleh bek Polandia, Jakub Kiwior, di dalam kotak penalti. Momen tersebut terjadi sepuluh menit setelah babak kedua dimulai. Sayangnya, gol pertama Mbappe untuk Prancis di ajang Euro tersebut tidak cukup untuk mengantarkan kemenangan bagi Les Bleus.

Hasil Pertandingan dan Penantian Gol

Striker Polandia, Robert Lewandowski, berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-79 melalui penalti. Pertandingan berakhir imbang 1-1, dan penantian Mbappe untuk mencetak gol di ajang Euro akhirnya terjawab meskipun harus menunggu hingga laga ketiga fase grup. Saat Euro 2020, dalam empat pertandingan sebelum disingkirkan Swiss lewat adu penalti di babak 16 besar, Mbappe gagal mencetak gol untuk Prancis.

Pada pertandingan pertama Euro 2024 melawan Austria, Mbappe tidak mencetak gol meski Prancis menang 1-0. Pada laga kedua Grup D, Mbappe duduk di bangku cadangan karena mengalami patah tulang hidung saat melawan Austria. Dengan gol ke gawang Polandia, Mbappe telah mencetak 48 gol untuk Timnas Prancis di usia 25 tahun.

Lolos ke Babak 16 Besar

Prancis Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2024

Prancis lolos ke babak 16 besar Euro 2024 dengan status runner-up Grup D dan akan berhadapan dengan tim runner-up Grup E. Kylian Mbappe memutus puasa gol di Piala Eropa setelah mencetak gol dari tendangan penalti saat melawan Polandia. Mbappe sudah tampil di Piala Eropa sejak 2020 dan bermain penuh dalam empat pertandingan di Euro pertamanya, meski hanya menyumbang dua assist dan gagal mencetak gol.

Pada matchday pertama Euro 2024 melawan Austria, Mbappe kembali gagal mencetak gol dan bahkan mengalami patah hidung. Akibat cedera tersebut, Mbappe absen pada matchday kedua melawan Belanda. Mbappe kembali dimainkan dalam laga terakhir Grup D melawan Polandia, mengenakan topeng pelindung hidung.

Tantangan di Babak Selanjutnya

Mbappe Maju sebagai Eksekutor Penalti dan Membawa Prancis Unggul 1 0

Kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol di babak pertama, dan Prancis mendapat kesempatan mencetak gol dari titik putih pada menit ke-56. Mbappe maju sebagai eksekutor penalti dan membawa Prancis unggul 1-0. Namun, Prancis gagal mempertahankan keunggulan setelah Polandia mencetak gol penyeimbang melalui penalti Robert Lewandowski, sehingga skor akhir menjadi 1-1.

Hasil imbang ini memastikan Prancis lolos ke 16 besar sebagai runner-up Grup D dengan 5 poin, disalip oleh Austria yang menjadi juara grup setelah mengalahkan Belanda 3-2. Prancis kini menghadapi tantangan berat di babak selanjutnya, berada di jalur yang sama dengan tim kuat seperti Portugal, Spanyol, dan Jerman. Meskipun Mbappe berhasil mencetak gol pertamanya di Piala Eropa, Prancis harus meningkatkan performanya untuk menghadapi tantangan yang lebih berat di babak selanjutnya.

Kesimpulan

Kylian Mbappe akhirnya mencetak gol pertamanya di ajang Euro melalui penalti, mengakhiri penantian panjang sejak Euro 2020. Meski gol tersebut tidak membawa kemenangan bagi Prancis, hasil imbang melawan Polandia memastikan langkah mereka ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai runner-up Grup D. Prancis kini harus bersiap menghadapi tantangan yang lebih berat dengan beberapa tim kuat Eropa menanti di babak selanjutnya.

Penulis : Erni Septiani

Publikasi : World Lion Championship – Berita Seputar Olahraga dan Kesehatan

Sumber : www.cnnindonesia.com, sport.detik.com, www.ligaolahraga.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here