BERITA TERBARU

Francesco Bagnaia Jadi Juara Dunia MotoGP 2023

MotoGP 2023 dibuka di sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada akhir pekan terakhir di bulan Maret. Grand Prix Portugal 2023 akan membawa konsep sprint race baru ke MotoGP. Balapan sprint diadakan setiap hari Minggu selama pekan balap dan adalah balapan singkat selama 15 menit, atau 50% dari total lap balapan reguler.

Setiap Sabtu selama pekan balap, sprint race MotoGP 2023 akan berlangsung untuk kelas primer dan di mulai pada pukul 15:00 waktu setempat. Pada tahun 2023, MotoGP akhirnya akan melihat Francesco Bagnaia dinobatkan sebagai Juara Dunia setelah melalui pertarungan panjang selama 40 balapan (sprint dan reguler) di 20 seri.

Di awal seri terakhir, Francesco Bagnaia memimpin klasemen sementara kejuaraan dengan 437 poin, unggul 21 poin dari pesaing terdekatnya Jorge Martin (Prima Pramac Racing). Setelah Jorge Martín memenangkan sesi sprint GP Valencia 2023, jarak di antara mereka berkurang menjadi 14 poin. Francesco Pecco berada pada peringkat ke 5.

Bagnaia dan Martín pun sempat bertarung langsung memperebutkan posisi pertama pada sesi utama GP Valencia 2023, Minggu 26 November 2023. Bahkan, saat baru memasuki lap ketiga, Martín dan Bagnaia bertabrakan di tikungan pertama, yang hampir menyebabkan insiden.

Crash Martin di Lap 6

Kecelakaan tersebut membuat Martín kembali turun ke posisi kedelapan. Ia kemudian perlahan-lahan berhasil naik ke urutan berikutnya. Sayangnya, pada lap keenam, Martinator terjatuh saat bertarung dengan Marc Marquez (Repsol Honda) untuk memperebutkan posisi kelima.

Kecelakaan ini menyebabkan kedua pembalap tidak dapat melanjutkan balapan. Karena Jorge gagal mendapatkan poin, Francesco Bagnaia secara otomatis menjadi Juara Dunia MotoGP untuk tahun 2023.

Terakhir, Francesco Bagnaia berhak mendapatkan 25 poin lagi setelah memenangkan GP Valencia, menempatkannya di puncak klasemen dengan skor 467. Pembalap Italia dari Torino ini mengakhiri musim dengan 39 poin, mengungguli Jorge Martin. Untuk saat ini, Marco Bezzecchi dari Tim Mooney VR46 menempati posisi ketiga.

FAQ

Berapa poin akhir Francesco Bagnaia?

Setelah memenangkan GP Valencia, Pecco menggumpulkan poin sebanyak 467.

Berapa selisih poin Jorge Martin dengan Bagnaia?

Jorge Martin mengakhiri GP Valencia dengan perolehan nilai 428 di bawah Pecco.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *