Pelatih Timnas sepak bola Indonesia Shin Tae-yong memiliki beragam alternatif latihan untuk pertandingan melawan Brunei Darussalam dalam babak awal Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Shin Tae-yong memiliki banyak opsi formasi yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan tim. Di samping itu, masih ada banyak pilihan pemain yang bisa dipadukan oleh pelatih timnas sepak bola Indonesia setelah memilih 25 pemain.

Nama-nama pemain dalam daftar ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan sebelumnya. Banyak dari mereka yang sering bermain untuk tim nasional Indonesia, sehingga mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk memahami taktik dari pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Tidaklah tidak mungkin bahwa STY akan menerapkan formasi tersebut dalam dua pertandingan timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam yang di jadwalkan berlangsung pada tanggal 12 dan 17 Oktober 2023.

Formasi sepak bola 3-4-3

Shin Tae-yong memiliki opsi pertama untuk melawan Brunei Darussalam di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia Asia 2026 adalah formasi 3-4-3. Formasi ini sebelumnya juga di gunakan ketika Timnas Indonesia berhadapan dengan Turkmenistan dalam final FIFA.

Apabila melihat komposisi pemain yang tersedia, model ini menawarkan potensi yang menjanjikan. Hal ini di sebabkan oleh kemampuan skema pertahanan dengan tiga pemain di belakang, yang dapat di gunakan oleh Timnas Indonesia untuk memperkuat area pertahanan.

Ernando Ari menjadi salah satu pilihan utama di posisi penjaga gawang. Ia di temani oleh tiga bek tangguh, yaitu Rizky Ridho, Jordi Amat, dan Elkan Baggott. Ketiganya bekerja sama dengan baik, terutama dalam pertandingan melawan Argentina.

Sementara itu, Asnawi Mangkualam akan mengisi posisi sebagai pemain sayap kanan, sedangkan Pratama Arhan akan berperan sebagai pemain sayap kiri. Keduanya memiliki keseimbangan antara kemampuan menyerang dan bertahan yang sangat berharga.

Lini tengah akan diisi duet Marc Klok dan Ricky Kambuaya. Jadi tiga pemain yang menyerang adalah Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, dan Rafael Struick.

Ketiga pemain tersebut telah menunjukkan kerja sama yang sangat baik saat membantu Tim Indonesia U-23 untuk lolos ke tahap kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada bulan September yang lalu. Mereka di dukung oleh Asnawi Mangkualam di posisi bek kanan dan Pratama Arhan di posisi bek kiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here