Gol Cepat Membangun Momentum
Hasil Euro 2024 Jerman Menang Melawan Skotlandia

Tim nasional Jerman memulai perjalanan mereka di Grup A Euro 2024 dengan kemenangan gemilang atas Skotlandia. Bertanding di Stadion Allianz Arena, Munich, Jerman, Sabtu (15/6) dini hari WIB, Jerman menang telak 5-1. Florian Wirtz membuka keunggulan Jerman pada menit ke-10, disusul gol Jamal Musiala pada menit ke-19, menggandakan keunggulan tuan rumah.

Dominasi Jerman Berlanjut

Kai Havertz menambahkan gol ketiga tepat sebelum babak pertama berakhir, membuat Jerman unggul 3-0. Pada babak kedua, Niclas Fullkrug memperbesar keunggulan Jerman dengan gol keempat di menit ke-68. Meski unggul empat gol, Jerman kebobolan melalui gol bunuh diri Antonio Rudiger pada menit ke-87.

Penyelesaian yang Sempurna

Emre Can menutup kemenangan dengan gol di menit ke-90+3, memastikan skor akhir 5-1 untuk Jerman. Gelandang Jamal Musiala dinobatkan sebagai Player of the Match berkat penampilannya yang luar biasa. Meskipun demikian, Musiala merasa timnya seharusnya bisa mempertahankan clean sheet tanpa gol bunuh diri tersebut.

Komentar Pasca Pertandingan

Jamal Musiala mengakui tim merasakan tekanan sebelum pertandingan, tetapi merasa puas dengan hasil akhirnya. Ilkay Gundogan menambahkan bahwa kemenangan telak ini adalah awal yang dibutuhkan Jerman dalam turnamen ini. Gundogan juga menyatakan bahwa gol yang bersarang di gawang mereka adalah peringatan untuk tetap fokus sepanjang turnamen.

Jalannya Pertandingan

Jerman Mengawali Pertandingan dengan Agresif

Jerman mengawali pertandingan dengan agresif, langsung membuka skor pada menit ke-12 melalui Florian Wirtz yang memanfaatkan umpan Joshua Kimmich. Jamal Musiala menggandakan keunggulan tujuh menit kemudian setelah menerima bola dari Kai Havertz di kotak penalti. Skotlandia terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Ryan Porteous mendapat kartu merah sebelum jeda.

Babak Kedua yang Tak Terbendung

Di babak kedua, Jerman terus mendominasi. Niclas Fullkrug mencetak gol keempat Jerman, memperbesar keunggulan menjadi 4-0. Meski begitu, Skotlandia berhasil mencetak gol hiburan melalui gol bunuh diri Rudiger. Emre Can mengakhiri pesta gol Jerman dengan tembakan dari luar kotak penalti di masa injury time.

Statistik Pertandingan

Jerman menunjukkan dominasi penuh dengan 73 persen penguasaan bola dan melepaskan 20 tembakan, 10 di antaranya tepat sasaran. Skotlandia hanya mampu mencatatkan satu tembakan sepanjang pertandingan. Penampilan superior Jerman membawa mereka ke puncak klasemen Grup A dengan tiga poin, sementara Skotlandia berada di dasar klasemen tanpa poin.

Susunan Pemain

Tim Jerman tampil dengan formasi yang solid, dipimpin oleh Manuel Neuer di bawah mistar. Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, dan Maximilian Mittelstadt mengawal lini belakang. Lini tengah diperkuat oleh Robert Andrich dan Toni Kroos, dengan Musiala, Gundogan, dan Wirtz mendukung Havertz di lini depan. Skotlandia menurunkan Angus Gunn sebagai penjaga gawang dengan formasi 5-4-1 yang diisi oleh Tierney, Hendry, Porteous, Robertson, McGregor, McTominay, Ralston, Christie, McGinn, dan Adams.

Kesimpulan

Performa Keseluruhan Tim Jerman Sangat Memuaskan

Kemenangan besar ini memberikan momentum positif bagi Jerman dalam upaya mereka meraih gelar Euro 2024 di kandang sendiri. Dominasi Jerman terlihat jelas dari penguasaan bola dan jumlah tembakan yang jauh melebihi Skotlandia. Meskipun ada gol bunuh diri yang sedikit mengurangi sempurnanya kemenangan ini, performa keseluruhan tim sangat memuaskan dan memberikan harapan besar bagi pendukung mereka. Jerman kini berada di puncak klasemen Grup A dan siap melangkah lebih jauh dalam turnamen ini.

Penulis : Erni Septiani

Publikasi : World Lion Championship – Berita Seputar Olahraga dan Kesehatan

Sumber : cnnindonesia.com, sport.detik.com, bolasport.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here