BERITA TERBARU

Cara Memperbaiki Waktu Tidur Agar Lebih Menyehatkan

Waktu Tidur

Apakah Anda tahu mengapa Anda merasa mengantuk pada waktu yang sama setiap malam? Anda tidak hanya mengantuk saat tidur, tetapi Anda juga bangun pada waktu sama setiap pagi tanpa menyalakan alarm. Namun, Anda harus mencari cara untuk memperbaiki waktu tidur Anda karena begadang terlalu larut akan mengganggu ritme tidur Anda.

Tubuh kita memiliki jadwal tidur dengan jelas kecuali bila kita begadang. Jadwal tepat untuk tidur sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Ini diperlukan jika kita ingin merasa segar dan penuh energi saat bangun di pagi hari.

3 Cara Perbaiki Jam Tidur

  1. Tetapkan waktu yang konsisten setiap malam

Mengatur jumlah istirahat konsisten setiap malam adalah langkah pertama agar meningkatkan waktu istirahat. Salah satu penyebab jadwal istirahat tidak teratur adalah kebiasaan begadang. Tidak hanya penting untuk mengetahui kapan harus istirahat, tetapi juga penting agar membiasakan diri supaya bangun pada waktu sama setiap pagi.

Dengan melakukan ini, kita akan dapat secara bertahap mengubah ritme sirkadian tubuh. Ini adalah siklus 24 jam yang dikendalikan secara internal dan memiliki potensi untuk memengaruhi sistem yang berfungsi di tubuh manusia.

  1. Biasakan istirahat dengan lampu mati

Membiasakan diri untuk tidak menyalakan lampu saat istirahat adalah cara lain untuk mempersingkat waktu rehat. Selain itu, ini berlaku untuk perangkat elektronik yang sering kita gunakan, seperti laptop, tablet, ponsel, dan televisi.

Cahaya panjang gelombang biru yang dipancarkan oleh perangkat mengurangi jumlah hormon melatonin yang dilepaskan tubuh, membuat otak berpikir bahwa malam masih seperti pagi.

  1. Berolahraga secara teratur

Salah satu tips untuk meningkatkan waktu rehat kita adalah dengan berolahraga dengan teratur setiap hari. Ini karena olahraga meningkatkan kadar serotonin, mengubah jam tubuh, dan mengurangi stres psikologis. Selain itu, suhu tubuh meningkat saat kita berolahraga, yang dapat meningkatkan kualitas rehat kita secara halus dengan membuat kita rehat lebih nyenyak pada malam hari.

FAQ

Jam berapa orang dewasa harus istirahat?

Idealnya, orang dewasa berusia lima puluh tahun ke atas istirahat antara pukul 21.00 dan 22.00 setiap hari.

Bolehkah tidur jam 9 pagi?

Tidur jam 9 pagi sebenarnya tidak masalah asalkan Anda istirahat cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *