Sebanyak lima pelatih sepakbola kelas dunia yang memiliki potensi untuk menggantikan Shin Tae-yong jika kontraknya tidak diperpanjang di Timnas Indonesia. Salah satu dari mereka memiliki hubungan dekat dengan Erick Thohir.

Shin Tae-yong telah memberikan dampak besar bagi Timnas sepakbola Indonesia sejak menjabat pada awal 2020. Akan tetapi, kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2024.

Berikut 5 Pelatih Sepakbola Kelas Dunia yang Cocok Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia jika Tak Diperpanjang

  1. Joachim Low

Pada awal tahun ini, rumor tentang kemungkinan Joachim Low melatih Timnas Indonesia banyak beredar. Hingga saat ini, pelatih asal Jerman tersebut belum kembali melatih setelah meninggalkan Timnas Jerman pada musim panas 2021.

Erick Thohir memiliki keterkaitan dengan dunia sepakbola Jerman. Oleh karena itu, tidak dapat diabaikan kemungkinan bahwa Low bisa kembali ke dunia sepakbola jika dibujuk oleh Erick Thohir.

  1. Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst, seorang mantan pemain Timnas Belanda, saat ini menganggur setelah di pecat dari posisinya sebagai pelatih Glasgow Rangers pada November 2022.

Van Bronckhorst memiliki ikatan dengan Indonesia melalui darahnya, terutama dari daerah Maluku. Tidak dapat di abaikan kemungkinan bahwa dia akan kembali ke negara leluhurnya dan melatih Timnas Indonesia.

  1. Walter Mazzarri

Walter Mazzarri, seorang pelatih asal Italia, memiliki pengalaman melatih klub-klub penting di Italia seperti Napoli dan Inter.

Saat Mazzarri melatih Inter, Erick Thohir menjadi pemilik klub tersebut. Saat ini, Mazzarri belum kembali berlatih sejak meninggalkan posisinya di Cagliari pada Mei 2022.

  1. Frank de Boer

Sama seperti Mazzarri, Frank de Boer memiliki hubungan keluarga dengan Erick Thohir. De Boer menjabat sebagai manajer Inter pada tahun 2016 ketika Erick Thohir menjabat sebagai presiden dan pemilik klub.

Saat ini, pelatih asal Belanda tersebut sedang menganggur. Penugasan terakhirnya adalah melatih timnas Belanda dalam Piala Eropa 2020 yang berlangsung pada musim panas 2021..

  1. Jose Mourinho

Jose Mourinho adalah seorang pelatih sepak bola dengan reputasi kelas dunia. Saat ini, dia masih menangani klub Italia yang terkenal, AS Roma.

Namun, beredar rumor bahwa Mourinho berada di ambang pemecatan setelah kinerja buruk AS Roma pada musim 2023-2024. Jika tidak di pecat, kontrak Mourinho dengan Roma akan berakhir pada 30 Juni 2024, yang bertepatan dengan berakhirnya masa bakti Shin Tae-yong.

Mourinho memiliki hubungan dekat dengan CEO PSSI, Erick Thohir. Sebagai peringatan, Mourinho mengucapkan selamat ulang tahun kepada mantan pemilik Inter tersebut pada 30 Mei 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here