4 Gaya Renang Terpopuler – Apakah Anda sangat menyukai olahraga renang? Bahkan sudah menguasai salah satu gaya dalam berenang? Bila iya, Anda harus rutin untuk senantiasa menjaga olahraga kardio satu ini. Tetapi, jika tidak maka sebaiknya pertimbangkan lagi agar mempelajari cara berenang, sebab ternyata banyak sekali manfaat dalam olahraga tersebut.

Gaya Renang adalah teknik olahraga yang begitu penting untuk membakar lemak tubuh, meningkatkan kekuatan otot serta jantung, dan juga dapat melatih pernafasan. Olahraga renang minim dalam menyebabkan cedera, pastinya bila sebelumnya sudah melakukan pemanasan secara tepat.

4 Gaya Renang

Cara berenang paling terpopuler terdapat 4 macam, yaitu gaya kupu-kupu, bebas, punggung dan teknik renang dada (katak). Setiap teknik mempunyai ciri khas gerakan pola untuk tangan dan tendangan kaki. Sehingga menfaat yang diberikan juga tidak sama walaupun dalam waktu sama.

  1. Gaya Bebas

Berenang gaya bebas atau freestyle merupakan cara renang paling relative gampang untuk dipelajari. Teknik tersebut bahkan dianggap begitu efisien serta cepat walau melibatkan gerakan setiap otot tubuh.

Dengan latihan yang benar, berenang menggunakan teknik ini dapat menyajikan beragam manfaat baik sebab bagian otot inti, otot leher, punggung, lengan, dada, punggung sampai kaki bergerak mendorong tubuh ketika berada di dalam air.

  1. Teknik renang GayaDada/Katak

Teknik renang dada mempunyai bentuk gerakan tidak sama seperti gaya bebas. Setiap bentuk gerakan memungkinkan untuk memberikan napas dengan tempo sebentar. Menggunakan tekni satu ini dapat membantu menghasilkan otot kuat serta kencang pada bagian dada, betis serta seluruh otot kaki.

  1. Gaya Kupu-kupu

Teknik tersebut lebih menggunakan gerakan lengan dan kaki yang terbentuk dari jenis gaya dada. Kelarasan tangan memerlukan kekuatan otot serta teknik yang maksimal. Sementara pada kaki bergerak seperti tendangan lumba-lumba. Teknik tersebut dikatakan mempunyai gerakan yang cantik, namun sulit untuk melakukan cara ini bagi pemula.

  1. Gaya Punggung

Cara ini menyuguhkan alternative bagi Anda yang mau selalu bernafas ketika di dalam air. Wajah yang ada pada luar air membantu untuk mengatur pernafasan dan jeda istirahat ketika berenang. Cara tersebut lumayan terkenal dan gampang untuk dilakukan untuk pemula.

Jadi, tekni renang terbaik mana nih yang akan kamu gunakan? Pastinya dari setiap pilihan tersebut, tentu akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh atau kesehatan kamu.

Baca juga: Teknik dasar berenang untuk pemula

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here